Respon Mahasiswa IAIN Jember Pengguna Aktif Media Sosial Terhadap Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Di Instagram

Sholekhah, Ayu Datus (2019) Respon Mahasiswa IAIN Jember Pengguna Aktif Media Sosial Terhadap Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Di Instagram. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ayu Datus Sholekhah_D20151008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin canggih, dakwah islam harus fleksibel mengikuti perkembangan zaman, perkembangan budaya dan harus dikemas dengan menarik agar mudah diterima dengan baik oleh mad’u. Instagram merupakan salah satu media yang digunakan oleh ustadz Hanan Attaki dalam menyampaikan dakwahnya kepada khalayak umum, terutama anak muda. Melihat situasi dan kondisi saat ini, Instagram begitu akrab dengan kehidupan masyarakat terutama anak muda, dari sini da’i memanfaatkan instagram sebagai media dakwah. Ustadz Hanan Attaki memiliki gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh anak-anak muda. Akan tetapi, justru dengan gaya bahasa yang ringan dan analogi yang terkesan nyleneh ada sebagian orang yang kurang bisa menerima karena dianggap meremehkan ajaran agama. Berdasarkan konteks diatas, maka fokus penelitiannya adalah: Bagaimana pesan dakwah yang dilakukan ustadz Hanan Attaki melalui media instagram?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat mahasiswa IAIN Jember sebagai followers untuk menerima pesan dakwah Ustadz Hanan Attaki?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pesan dakwah yang dilakukan ustadz Hanan Attaki dalam media instagram serta memahami faktor pendukung dan penghambat followers dalam menerima pesan dakwah tersebut. Penelitian ini dilakukan di akun pribadi milik ustadz Hanan Attaki (@hanan_attaki) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi , dokumentasi dan triangulasi dengan subyek penelitian yakni mereka yang menjadi followers di akun instagram @hanan_attaki. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data Miles and Huberman yakni dengan cara collecting data, reduction data, data display, dan conclusion data. Obyek Penelitian ini yakni ustadz Hanan Attaki yang memiliki akun @hanan_attaki. Temuan dari penelitian ini adalah pertama, pesan dakwah ustadz Hanan Attaki menonjolkan karakter massage influence yang meliputi konten, struktur dan style, kedua, terdapat dua proses dalam menanggapi suatu persuasi yaitu Central route to persuasion dan Peripheral route to persuasion. Ketiga, karakteristik komunikator, karakteristik pesan dan karakteristik target merupakan elemen penting dalam komunikasi persuasif. Serta terdapat faktor pendukung yaitu pesan, tampilan postingan yang menarik minat khalayak dan durasi yang singkat. Sedangkan faktor penghambat yaitu setiap followers memiliki koridor dan latar belakang masing-masing untuk menerima pesan. Kata Kunci: Respon, Pesan dakwah, Media Sosial Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 27 May 2021 03:09
Last Modified: 27 May 2021 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item