Penerapan Metode Inside Outside Circle (IOC) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Islam Garden School Lampeji Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018-2019.

Hasanah, Faidatul (2019) Penerapan Metode Inside Outside Circle (IOC) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Islam Garden School Lampeji Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faidatul Hasanah_084 141 249.pdf

Download (13MB)

Abstract

Pada zaman modern ini masih ada guru yang mengajar dengan menggunakan metode mengajar tradisional yang cenderung bersifat otoriter dan berpusat kepada guru. Perlu adanya paradigma baru yang menjadikan siswa sebagai pemeran aktif dalam mendiskusikan informasi, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Metode pembelajaran Inside Outside Circle merupakan suatu cara untuk membuat variasi suasana pola diskusi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Inside Outside Circle di SMP IGS Lampeji Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman mulai dari pengumpulan data, kondensasi, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IGS Lampeji Mumbulsari Jember ini meliputi silabus dari pusat dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai penjabaran dari silabus dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang dibuat pada awal tahun pelajaran baru. Pada komponen RPP khususnya pada metode pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, tergambarkan bahwa guru PAI pernah menerapkan metode pembelajaran Inside Outside Circle yaitu (1) Pada pertemuan BAB Iman Kepada Allah 2) Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat langkahlangkah pelaksanaan metode pembelajaran Inside Outside Circle dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jika terdapat kendala dalam penerapan metode Inside Outside Circle tersebut yang bersifat kondisional sehingga perlu sedikit modifikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. 3) Proses evaluasi menggunakan 3 penilaian, diantaranya; penilaian kompetensi sikap berupa penilaian selama proses pembelajaran baik ketika berdiskusi maupun individu, penilaian kompetensi pengetahuan berupa penilaian harian berupa tugas terstruktur dan ulangan harian berupa tes tulis dalam bentuk tes tulis dengan soal pilihan ganda dan esai, dan penilaian kompetensi keterampilan berupa portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:23
Last Modified: 06 Apr 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21900

Actions (login required)

View Item View Item