Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa di MI Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Hasanah, Fitrotul (2019) Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa di MI Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitrotul Hasanah_T20154017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 merupakan perangkat pembelajaran yang penting dalam proses pembelajaran. Terdapat tiga tahap dalam impelementasi RPP kurikulum 2013 yaitu tahap penyusunan RPP, tahap pelaksanaan RPP dan tahap evaluasi pembelajaran serta perbaikan RPP. Ketiga tahap ini merupakan kegiatan terpenting dalam implementasi RPP kurikulum 2013 agar kegiatan pembelajaran yang guru laksanakan menjadi optimal. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana tahap penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan siswa di MI Negeri 3 Jember? 2) Bagaimana tahap pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan siswa di MI Negeri 3 Jember? 3) Bagaimana evaluasi dan perbaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan siswa di MI Negeri 3 Jember? Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan tahap penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan siswa di MI Negeri 3 Jember 2) Mendekripsikan tahap pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan siswa di MI Negeri 3 Jember 3) Mendeskripsikan evaluasi dan perbaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan siswa di MI Negeri 3 Jember Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah studi kasus, subyek penelitian ditentukan menggunakan tehnik purposive, tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian: 1) penyusunan RPP diaksanakan guru dengan komponen RPP sesuai sistematika kurikulum 2013: satuan pendidikan, identitas mata pelajaran; kelas /semester; materi pokok; alokasi waktu; tujuan; Kompetensi Dasar dan indikator; materi; metode; media; sumber belajar; langkah-langkah pembelajaran dan penilain 2) Pelaksanaan RPP dilaksanakan guru diantaranya: kegiatan awal meliputi memberi motivasi, mempersiapkan siswa, mengingatkan materi sebelumnya, menyampaikan materi dan menyampaikan tujuan. Kegiatan inti meliputi penyampaian materi, strategi dan media, serta memancing siswa berperan aktif untuk meningkatkan kecerdasan IQ, EQ dan SQ siswa Dan kegiatan penutup berisi kesimpulan. 3) kegiatan evaluasi telah dilaksanakan guru meliputi memberikan tes tulis, tes unjuk kerja dan tes lisan. Kegiatan Perbaikan RPP dilakukan guru saat RPP belum mencapai tujuan yang akan dicapai, dilakukan revisi untuk memperbaiki RPP berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:28
Last Modified: 06 Apr 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21904

Actions (login required)

View Item View Item