Pembelajaran Akhlak Melalui Kitab Ta’limu Al Muta’allim di Pondok Pesantren Nurussalam Ambulu Jember

Muftukah, Umi (2019) Pembelajaran Akhlak Melalui Kitab Ta’limu Al Muta’allim di Pondok Pesantren Nurussalam Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Maftukah_084 148 029.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses, cara menjadikan orang/mahluk hidup belajar, sedangkan belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Dalam pembelajaran juga ada beberapa aspek penunjang keberhasilan. Di Pondok Pesantren Nurussaam diadakan pembelajaran akhlak melalui kitab Ta’limu al Muta’alim. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran akhlak melalui kitab Ta’limu al Muta’alim di Pondok Pesantren Nurussalam Ambulu jember. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan prencanaan pembelajaran akhlak melalui kitab Ta’limu al Muta’alim di Pondok Pesantren Nurussalam Ambulu Jember. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran akhlak melalui kitab Ta’limu al Muta’alim di Pondok Pesantren Nurussalam Ambulu Jember. (3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran akhlak melalui kitab Ta’limu al Muta’alim di Pondok Pesantren Nurussalam Ambulu Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, metode pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi, untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran akhlak dilakukan dengan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. 2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memberikan materi pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 3) evaluasi pembelajaran dengan cara evaluasi non test yakni dengan cara observasi dan wawancara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:28
Last Modified: 06 Apr 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21905

Actions (login required)

View Item View Item