Pembinaan Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Sosial Anak di Dusun Tegal Kalong Desa Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember Tahun 2018.

Murtadlo, Ahmad Mughni (2019) Pembinaan Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Sosial Anak di Dusun Tegal Kalong Desa Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Mughni Murtadlo_084 148 007.pdf

Download (32MB)

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri atau selalu membutuhkan manusia yang lainnya. Berakhlak yang mulia adalah merupakan modal bagi setiap orang dalam menghadapi pergaulan antar sesamanya. Interaksi sosial yang dilakukan manusia dengan manusia lainnya harus menggunakan akhlak, karena akhlak sosial ini yang menjadikan interaksi seorang manusia dengan manusia lainnya berjalan dengan baik. Untuk itu pendidikan akhlak sosial perlu diberikan kepada anak-anak sedini mungkin. Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak, dan di keluargalah anak mendapat bimbingan dan pembinaan dari segala macam fungsi jiwanya, sehingga orang tua sebagai pondasi bagi anak-anaknya dalam menjalankan hidup dan kehidupannya sehari-hari, sehingga diharapkan terbentuk sikap mental anak yang sesuai dengan tuntutan syari’at Islam. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pembinaan orang tua terhadap pembentukan akhlak sosial anak di Dusun Tegal Kalong Desa Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember tahun 2018?, 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi pembinaan orang tua terhadap pembentukan akhlak sosial anak di Dusun Tegal Kalong Desa Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember tahun 2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembinaan orang tua terhadap pembentukan akhlak sosial anak di Dusun Tegal Kalong Desa Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember 2018, 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembinaan orang tua terhadap pembentukan akhlak sosial anak di Dusun Tegal Kalong Desa Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember tahun 2018. Berkaitan dengan fokus masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan adalah model analisis interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan, yaitu: 1) Pembentukan akhlak sosial dilakukan oleh orang tua dengan memberikan pembinaan terhadap anak-anaknya berupa senantiasa melakukan pengawasan atau memberi perhatian kepada anak-anaknya, tidak bosan menasihati anak-anaknya untuk selalu berbuat baik kepada orang lain. Nasihat para orang tua disertai dengan menyontohkan langsung bagaimana berbuat baik kepada orang lain. Memberi teguran halus apabila anak-anak berbuat tidak sesuai dengan aturan. Selain itu menyuruh membiasakan berbuat baik kepada sesama dimanapun berada. 2) Adapun faktor yang mempengaruhi pembinaan orang tua terhadap pembentukan akhlak sosial anak adalah Lingkungan Keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakatn. Ketiga tersebut bisa menjadi faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlak sosial anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:23
Last Modified: 06 Apr 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21910

Actions (login required)

View Item View Item