Pelaksanaan Majelis Taklim Antar Musholla (MATHLA’) dalam Peningkatan Pemahaman Agama Islam Masyarakat Ampel - Wuluhan – Jember.

Kholili, Muhammad (2019) Pelaksanaan Majelis Taklim Antar Musholla (MATHLA’) dalam Peningkatan Pemahaman Agama Islam Masyarakat Ampel - Wuluhan – Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Kholili_084138013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Majelis Taklim adalah wadah pembentuk jiwa dan kepribadian yang agamis yang berfungsi sebagai stabilisator dalam seluruh gerak aktivitas kehidupan umat Islam Indonesia, maka sudah selayaknya kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami mendapat perhatian dan dukungan dari masyarakat, sehingga tercipta insan – insan yang memiliki keseimbangan antara potensi intelektual dan mental spiritual dalam upaya menghadapi perubahan zaman yang semakin global dan maju. Agar majelis taklim menjadi berkembang dan maju maka sangat diperlukan Pelaksanaan majlis ta’lim yang ditata dengan baik. Pelaksanaan Majlis ta’lim antar musholla bermacam-macam bentuk dan aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan, banyak umat islam termasuk masyarakat Ampel – wuluhan - jember yang tidak paham akan ibadahnya. Ketidak pahaman membuat masyarakat melakukan peribadatan hanya sekedarnaya, maka perlu sekali diadakan perbaikan kualitas ibadah masyarakat dengan majlis ta’lim. Berdasarkan pemaparan di atas, Rumusan masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana Pelaksanaan Majelis Taklim Antar Musholla (MATHLA’) dalam peningkatan pemahamana Agama Islam masyarakat ? Kemudian bagaimana Dampak Keberadaan Majlis Taklim Antar Musholla (MATHLA’) dalam peningkatan pemahaman Agama Islam Masyarakat? Untuk menjawab permasalahan tersebut perlu dilakukan sebuah penelitian, sedangkan metode yang digunakan oleh penulis yaitu dengan field research dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitiannya adalah berupa obyek di lapangan yang mampu memberikan informasi tentang kajian penelitian. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bersifat atau mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya Natural Setting dengan tidak merubah dalam bentuk simbol-simbol atau kerangka. Pendekatan ini sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa informasi tentang Pelaksanaan Majelis taklim Antar Musholla (MATHLA’) dalam peningkatan Pemahaman Agama Islam Masyarakat desa Ampel – Wuluhan – Jember. Berdasarkan hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa Kegiatan yang ada di Majelis Taklim Antar Musholla (MATHLA’) meliputi : 1) Pembacaan perumusan Mathla’, 2) Pembacaan Kitab Sulamun Taufiq, 3) Dialog Interaktif Keagamaan, 4) Perumusan As’ilah Mathla’. Sedangkan Dampak Kegiatan Mathla’ terhadap peningkatan Pemahaman agama Islam Masyarakat Ampel Wuluhan Jember meliputi pemahaman tentang Ibadah Masyarakat baik ibadah Mahdhoh dan Ibadah Ghoiru Mahdhoh masyarakat yang semakin bertambah lebih baik. Kata Kunci : Pelaksanaan Majelis Taklim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:23
Last Modified: 06 Apr 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21911

Actions (login required)

View Item View Item