Penanaman Nilai-Nilai Ajaran Islam dalam Masyarakat melalui Kegiatan Shalat Dhuha di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi 2018

Mazaya, Dini (2019) Penanaman Nilai-Nilai Ajaran Islam dalam Masyarakat melalui Kegiatan Shalat Dhuha di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dini Mazaya_084141065.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-nilai Ajaran Islam, Sholat Dhuha. Di Indonesia, penduduk yang bertempat tinggal di negara ini mayoritas memeluk agama Islam. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu umat Islam sendiri menyampingkan agamanya. Mereka secara perlahan tidak lagi mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam. Persaingan hidup yang semakin tajam tersebut mengakibatkan setiap individu berlomba-lomba untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya dari segi materi dan mengesampingkan agama. Padahal hal tersebut merupakan fitrah kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Hal itu juga terjadi di kota Banyuwangi. Di mana masyarakat kini tergerus oleh teknologi dan mengesampingkan agama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penanaman nilai aqidah dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha di masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi? 2)Bagaimana penanaman nilai syari’ah dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi? 3)Bagaimana penanaman nilai akhlak dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai aqidah dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha di masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai syari’ah dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha di masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. 3) Untuk penanaman nilai akhlak dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha di masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penanaman nilai aqidah dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha dilakukan dengan pembacaan ratibul haddad kemudian terdapat tausiah yang berkaitan dengan penguatan keimanan masyarakat yang hadir agar menyadarkan dan menambah kuat keimanan mereka. 2) Penanaman nilai syariah dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha dilakukan dengan membaca sholawat bersama, mendengarkan ceramah dan melaksanakan shalat dhuha berjama’ah agar memberikan kesadaran beribadah kepada Allah SWT dan akan membawa perubahan yang baik dalam jiwa masyarakat. 3) penanaman nilai akhlak dalam masyarakat melalui kegiatan shalat dhuha dilakukan dengan menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga dengan baik fasilitas yang ada dan bersedekah supaya diterapkan dimanapun mereka berada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:22
Last Modified: 06 Apr 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21912

Actions (login required)

View Item View Item