:Implikasi pendidikan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di dusun Gumuk Gebang Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Ummah, Munirrotul (2019) :Implikasi pendidikan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di dusun Gumuk Gebang Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Munirrotul Ummah_084148025.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sesungguhnya Manusia di ciptakan di muka bumu ini di beri kedudukan oleh Allah SWT sebagai penguasa dan pengatur kehidupan dunia beserta isinya.Selain meningkatkan derajat manusia, Allah SWT juga memberi kedudukan kepada manusia sebagai pemimpin,oleh sebab itu manusia di tuntut untuk bertanggung jawab terhadap yang di pimpinnya. Sebagai pemimpin yang harus bertanggung jawab terhadap yang dipimpin,pemimpin keluarga harus bertanggung jawab terhadap pendidikan anakanaknya, baik pendidikan umum maupun pendidikan agamanya,karena anak merupakan amanat Allah SWT yang harus sepenuhnya di jaga ,di bimbing,di didik,,di lindungi,dan di arahkan ke jalan yang baik dan benar agar selamat hidupnya baik di dunia maupun di akhirat nanti. Berdasarkan latar belakang tersebut,maka fokus penelitian ini adalah:(1).Bagaimanakah Implikasi pendidikan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif anak di dusun Gumuk Gebang Nogosari Rambipuji Jember?.(2). Bagaimanakah implikasi pendidikan orang tua dalam meningkatksn prestasi belajar psikomotorik anak di dusun Gumuk Gebang Nogosari Rambipuji Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan bagaimana implikasi pendidikan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif anak di dusun Gumuk Gebang Nogosari Rambipuji Jember.(2). Untuk mendeskripsikan bagaimana implikasi pendidikan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik anak di dusun Gumuk Gebang Nogosari Rambipuji Jember Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kwalitatif dengan jenis penelitian kwalitatif deskriptif,dan pemilihan subjek ini menggunakan purposive yang teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu.Teknis pengumpulan data yang di gunakan adalah:Observasi,interviu dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi:Reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Keabsahan datanya menggunakan tri angulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa:Semakin tinggi jenjang pendidikan orang tua maka semakin baik prestasi belajar anak terutama prestasi akademiknya karena kesadaran orang tua untuk memperhatikan belajar anaknya dan menginginkan agar kelak kehidupan anaknya lebih baik dari dirinya.Jenjang pendidikan orang tua juga mempunyai implikasi terhadap prestasi psikomotorik,sebab jenjang pendidikan orang tua memberikan pemahaman untuk memperhatikan anak agar terampil,berakhlaq mulia dan memiliki kemampuan skill yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:22
Last Modified: 06 Apr 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21913

Actions (login required)

View Item View Item