Korelasi antara Kemampuan Siswa Menghafal Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Akademik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Umum di SMP Adh-Dhuha Jember Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

Amsah, Hairul (2019) Korelasi antara Kemampuan Siswa Menghafal Al-Qur’an dengan Prestasi Belajar Akademik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Umum di SMP Adh-Dhuha Jember Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAIRUL AMSAH_084 131 243.pdf

Download (17MB)

Abstract

Al-Qur’an perlu untuk dihafalkan agar dapat menjaga keaslian dan kemurnian al-Qur’an itu sendiri. Prestasi belajar menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan, karena dengannya, kita dapat mengukur sejauh mana pemahaman dan mengetahui tingkat intelektualitas peserta didik. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan kurikulum lokal Tahfizdul AlQur’an di wilayah Jember yaitu SMP Adh-Dhuha Jember , di SMP ini para siswa diwajibkan menghafal Al-Qur’an minimal 3 (tiga) juz selama menempuh di sekolah tersebut. Sekolah ini tergolong sekolah yang baru berdiri yaitu pada tahun 2014 dan masih belum ada yang melakukan penelitian di sekolah tersebut, sehingga penulis tertarik memilih sekolah Adh-Dhuha sebagai objek penelitian Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah korelasi antara kemampuan siswa menghafal Al-Quran dengan prestasi belajar akademik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Adh-Dhuha Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Adakah korelasi antara kemampuan siswa menghafal AlQuran dengan prestasi belajar akademik pada mata pelajaran umum di SMP AdhDhuha Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan siswa menghafal Al-Quran dengan prestasi belajar akademik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Adh-Dhuha Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan siswa menghafal Al-Quran dengan prestasi belajar akademik pada mata pelajaran umum di SMP Adh-Dhuha Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Adh-Dhuha Jember, yaitu dengan jumlah 71 siswa dengan sampel berjumlah 33 siswa kelas VII. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik product moment. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Terdapat korelasi positif kuat antara kemampuan siswa menghafal Al-Qur’an dengan prestasi akademik pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMP AdhDhuha Jember selama akhir semester ganjil tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini berarti semakin tinggi nilai kemampuan siswa menghafal Al-Qur’an maka akan semakin tinggi juga nilai prestasi akademik pada mata pelajaran PAI . 2) Terdapat korelasi positif sedang antara kemampuan siswa menghafal Al-Quran dengan prestasi belajar akademik pada mata pelajaran umum di SMP Adh-Dhuha Jember selama akhir semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, hal ini berarti semakin tinggi nilai kemampuan siswa menghafal Al-Qur’an maka akan semakin tinggi juga nilai prestasi akademik pada mata pelajaran Umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:22
Last Modified: 06 Apr 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item