“Implementasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Melalui Program Mimbar” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Jember.

Hasanah, Shofiatul (2019) “Implementasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Melalui Program Mimbar” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shofiatul Hasanah_084 143 005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Program Mimbar adalah program pengujian kwalitas santri yang sudah duduk di kelas akhir (II) Madrasah Diniyah Ulya Bahrul Ulum. Adapun tujuan dari program ini adalah untuk mengukur kemampuan dan mental santri dalam memimpin acara-acara sosial keagamaan yang sudah ditentukan kurikulum seperti tahlilan, dibai’yah (sholawat nabi) dan pidato. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum dan Pembelajaran Melalui Program Mimbar di Madrasah Diniyah Ulya Bahrul Ulum Probolinggo? 2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum dan Pembelajaran Melalui Program Mimbar di Madrasah Diniyah Ulya Bahrul Ulum? 3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum dan Pembelajaran Melalui Program Mimbar di Madrasah Diniyah Ulya Bahrul Ulum? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan Perencanaan Kurikulum dan Pembelajaran Melalui Program Mimbar di Madrasah Diniyah Ulya Bahrul Ulum Probolinggo. 2) Untuk Mendikripsikan Pelaksanaan Kurikulum dan Pembelajaran Melalui Program Mimbar di Madrasah Diniyah Ulya Bahrul Ulum Probolinggo. 3) Untuk Mendiskripsikan Evaluasi kurikulum dan pembelajaran malalui Program Mimbar di Madrasah Diniyah Ulya Bahrul Ulum Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitiatf dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Dari data yang terkumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian dalam skripsi ini ialah sebagai berikut: 1) Perencanaan kurikulum dan pembelajaran di Madrasah Diniyah Bahrul Ulum dilaksanakan diawal tahun pembelajaran dan merupakan pengembangan evaluasi di tahun sebelumnya, perencanaan dilakukan oleh pimpinan dibantu oleh staf administrasi dan semua dewan ustad pengampu mata pelajaran, kurikulum yang berlaku adalah kurikulum yang sudah ditetapkan oleh menteri agama dan pihak madrasah hanya menentukan kitab atau buku yang berhubungan dengan kurikulum tersebut. 2) Implementasi kurikulum dilakukan secara bersama oleh semua dewan ustadz dengan berpedoman pada kurikulum yang sudah ditetapkan pimpinan. Proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan sistem klasik diperpadukan dengan ketentuan kurikulum yang berlaku. Pembelajaran klasik dipilih karena sudah dilaksanakan secara turun temurun. Pelaksanaan program mimbar dilaksanakan oleh pihak madrasah, namun pembelajarannya dilaksanakan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum sebagai yayasan yang menaungi Madrasah Diniyah Ulya. Materi yang menjadi acuan dalam program mimbar adalah materi sosial-keagamaan seperti tahlil, sholawat nabi, dan pidato. 3) Evaluasi kurikulum dan pembelajaran Madrasah Diniyah Ulya dalam evaluasi hasil belajar dilaksanakan pada akhir tahun pembelajaran oleh jajaran pimpinan beserta pengampu mata pelajaran. Evaluasi bertujuan untuk mendengar masukan dan melihat sampai mana proses dan hasil belajar santri sudah mencapai target yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:22
Last Modified: 06 Apr 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21917

Actions (login required)

View Item View Item