Sistem Pengajaran Tradisional dan Modern(Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember)

Sakbanah, Abdul Muis (2019) Sistem Pengajaran Tradisional dan Modern(Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABDUL MUIS SAKBANAH_084 141 461.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Sistem Pengajaran Tradisional dan Modern Pondok pesantren Madinatul Ulum merupakan salah satu pondok pesantren yang mempertahankan pondok tradisional nya, karena di pondok tersebut masih menggunakan metode-metode kajian kitab klasik kuno dan kelas-kelasnya di pisah antara santri putra dan santri putri tidak bersamaan dalam satu kelas sehingga hal ini menarik bagi peneliti untuk meneliti bagaimana kedua sistem tersebut berjalan dengan baik. Namun pondok pesantren Madinatul Ulum ini masih juga menjalankan sistem pengajaran modern. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah sistem pengajaran tradisional di Pondok Pesantren Madinatul Ulum?. 2) Bagaimanakah sistem pengajaran modern di Pondok Pesantren Madinatul Ulum?. 3) Bagaimana perpaduan sistem pengajaran tradisional dengan sistem pengajaran mdern di Pondok Pesantren Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan sistem pembelajaran di Pondokk Pesantren Madinatul Ulum. 2) Mendiskripsikan pembelajaran yang diberlakukan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. 3) Mendiskripsikan apakah pembelajaran Pesantren Madinatul Ulum, masih relevan dalam era Modern. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Madiantul Ulum mengikuti, 1) Sistem pembelajaran tradisional. Sistem ini menggunakan kitab-kitab klasik kuno.Sedangkan metode yang digunakan adalah: a) metode sorogan, b) metode wetonan dan c) majelis ta’lim sedangakan evaluasi sistem pembelajaran tradisional ialah menggunakan tes tulis, tes lisan, hafalan dan iqsaman. 2) Sistem pembelajaran modern. Sistem menggunakan bahan pelajaran-pelajaran seperti sekolah pada umumnya. Sedangkan metodeyang digunakan adalah: a) metode klasikal, b) metode kursus, c) metode pelatihan, d) metode kerja kelompok sedangkanevaluasi yang di gunakan dalam sistem pembelajaram modern menggunakan UH, UTS, UAS. 3) Perpaduan Sistem Pengajaran Tradisional dan Modern perbaduan kedua pengajaran antara tradisional dan modern di Pondok Pesantren Madinatul Ulum adalah membagi pengurus-pengurus di pesantren seperti ada pengurus tradisional, pengurus modern dan pengurus pusat. Secara garis besar kegiatan pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum terbagi menjadi tiga bagian yaitu: 1)Kajian-kajian kitab klasik kuno atau kitab kuning,2)MADIN (Madrasah Diniyah)3) Sekolah formal seperti: SDI, SMP, SMK, MA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:22
Last Modified: 06 Apr 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item View Item