Integrasi Iman, Ilmu, dan Amal dalam Pendidikan Islam (Kajian tafsir QS. AL-Mujadilah : 11 dan QS. Al-Israa’ : 36)

Annisa, Ms (2019) Integrasi Iman, Ilmu, dan Amal dalam Pendidikan Islam (Kajian tafsir QS. AL-Mujadilah : 11 dan QS. Al-Israa’ : 36). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. ANNISA_T20151097.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan merupakan lembaga utama yang memainkan peranan penting dalam membangun dan menumbuhkembangkan peradaban. Pendidikan islami akan melahirkan peradaban islami. Pendidikan islam adalah proses internalisasi pengetahuan dan nilai islam kepada peserta didik melalui beberapa upaya dan pengembangan potensi yang bertujuan untuk mencapai kesempurnaan hidup di dunia dan di akhirat. Ajaran Islam mengandung tiga persoalan pokok yaitu akidah, syari’ah dan akhlak. Ketiga pokok tersebut tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus menjadi satu kesatuan yang utuh dan melekat pada kepribadian diri seorang muslim. Seorang muslim sebagai makhluk-Nya memiliki kewajiban untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam beribadah ini, memerlukan tata cara ibadah yang benar. Meskipun hal yang paling menentukan adalah keimanan akan tetapi tanpa integrasi ilmu dan amal dalam perilaku muslim, maka keislaman seorang muslim tidak akan sempurna. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini antara lain : 1) Bagaimana kandungan qur’an surat al-Mujadilah ayat 11 dan surat al-Israa’ ayat 36 2) Bagaimana Integrasi Iman,Ilmu, dan Amal dalam pendidikan islam menurut qur’an surat al-Mujadilah ayat 11 dan surat al-Israa’ ayat 36. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kandungan al-Qur’an surat alMujadilah ayat 11 dan surat al-Israa’ ayat 36 serta mendeskripsikan integrasi iman, ilmu, dan amal dalam pendidikan islam menurut surat al-Mujadilah ayat 11 dan surat al-Israa’ ayat 36. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan historis dan normatif-teologis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Analisis dari penelitian ini menggunakan tafsir maudhu’i. Hasil penelitian ini antara lain 1) inti dari dua kandungan ayat diatas adalah mempelajari, mengamalkan dan mengajarkan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Allah SWT selalu memerintahkan untuk menyertai segala aktivitasnya baik dari segi perkataan maupun perbuatan harus dengan ilmu. 2) Integrasi antara iman, ilmu, dan amal dalam pendidikan islam ini menunjukkan bahwa pendidikan islam dari berbagai sudut pandang telah sesuai dengan nilai-nilai al-quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:21
Last Modified: 06 Apr 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21928

Actions (login required)

View Item View Item