Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Moral di SMP Negeri 2 Prigen

Ernawati, Ms. (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Moral di SMP Negeri 2 Prigen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. ERNAWATI_T20151028.pdf

Download (15MB)

Abstract

Dewasa ini moral peserta didik sangat memprihatinkan, sehingga dibutuhkan suatu penanganan yang maksimal dari seorang guru terutama guru pendidikan agama Islam. Guru agama Islam sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan karakter moral peserta didik karena setiap tingkah laku, karakter serta tindakan menjadi teladan bagi peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan pendidikan karakter moral bagi peserta didik. Berdasarkan fenomena tersebut maka fokus masalah yang diteiti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pendidikan karakter moral di SMP Negeri 2 Prigen? 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter moral di SMP Negeri 2 Prigen? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pendidikan karakter moral di SMP Negeri 2 Prigen 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter moral di SMP Negeri 2 Prigen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan desktriptif kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian field research. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Prigen. Penentuan sumber data pada penelitian ini dilakukan secara purposive. Adapun teknik pengumpulan data dalam peneitian ini dengan melalui observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumenter. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusing drawing/verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pendidikan karakter moral di SMP Negeri 2 Prigen terdiri dari dua macam, yaitu diintegrasikan dalam materi pembelajaran dengan menggunakan metode takrir dan diintegrasikan melalui kegiatan pembiasaan yang di dalamnya meliputi kegiatan istighosah, pembiasaan senyum, sapa dan salam, shalat berjamaah, peringatan hari besar dan takziyah. 2) Faktor pendukung yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter moral di SMP Negeri 2 Prigen adalah adanya dukungan dan kerjasama dari warga sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter moral di SMP Negeri 2 Prigen adalah jam mengajar yang sangat terbatas, latar belakang siswa yang beragam dan ketidakseimbangan antar lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:21
Last Modified: 06 Apr 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21929

Actions (login required)

View Item View Item