Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kepribadian dan Moral Siswa di SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Hasanah, Ulfatul (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kepribadian dan Moral Siswa di SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULFATUL HASANAH_084 131 462.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peranan guru dalam pembinaan kepribadian dan moral siswa memegang peranan yang sangat penting untuk menanggulangi tindakan asusila terutama penanaman nilai-nilai agama yang kokoh dalam keluarga sebagaimana keteladanan orang tua. Orang tua berkewajiban membina akhlak anaknya dan melindungi keluarganya dari berbagai pengaruh negatif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam pembinaan kepribadian dan moral siswa SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam pembinaan kepribadian dan moral siswa SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam pembinaan kepribadian dan moral di SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/ 2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pendidik dalam pembinaan kepribadian dan moral siswa SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2) Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai motivator dalam pembinaan kepribadian dan moral siswa SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 3) Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai evaluator dalam pembinaan kepribadian dan moral di SMP Negeri 1 Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Peran guru sebagai pendidik dalam pembinaan kepribadian dan moral sangat penting dan mempunyai nilai positif yang dilakukan pada anak didik, karena bila pembinaan moral itu baik maka baik pula anak didik itu dan begitu pula sebaliknya. pembinaan-pembinaan yang diberikan kepada anak didik tersebut berupa kebiasaan-kebiasaan serta contoh suri tauladan yang baik, yang itu semua dilakukan dilingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah (guru), dan lingkungan masyarakat. 2) Peran guru sebagai motivator yaitu dengan menjelaskan tujuan belajar, memberikan hadiah, saingan atau kompetisi, memberikan pujian, hukuman, membangkitkan dorongan kepada anak didiknya untuk melakukan kegiatan pemebelajaran keagamaan, membentuk kebiasaan yang baik dan membantu siswa yang kesulitan dalam belajar keagamaan baik secara individual maupun kelompok. 3) Sebagai evaluator maka guru pendidikan agama Islam berperan mengadakan evaluasi, yakni penilaian terhadap hasil pembinaan moral yang telah dicapai oleh siswa. Dengan penilaian, guru pendidikan agama Islam dapat mengetahui keberhasilan pencapaian, penguasaan peserta didik terhadap pelajaran pendidikan agama Islam yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:21
Last Modified: 06 Apr 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21930

Actions (login required)

View Item View Item