Pembelajaran Metode Tartila Dalam Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in Dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018.

Putri, Rega Kurnia (2019) Pembelajaran Metode Tartila Dalam Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in Dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rega Kurnia Putri_084141134.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki populasi umat Islam terbesar di seluruh dunia. Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2015, terdapat kurang lebih sekitar 87,2 persen pemeluk Agama Islam di Indonesia. Namun, dari sekian banyak umat Islam di Indonesia, yang tidak bisa membaca al-Qur’an sekitar 54 persen. Hal ini merupakan fenomena yang menunjukkan bahwa mayoritas umat Islam di Indonesia masih banyak yang tidak bisa membaca al-Qur’an, padahal al- Qur’an menjadi pedoman hidup yang harus dibaca, ditulis, dipelajari, dipahami, diamalkan dan dihafalkan oleh umat Islam itu sendiri. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Metode Tartila dalam Pembinaan Kemampuan Membaca al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in Dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Metode Tartila dalam Pembinaan Kemampuan Membaca al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in Dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018 ? 3) Bagiamana Evaluasi Pembelajran metode Tartila Dalam Pembinaan Kemampuan Membaca al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in Dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Metode Tartila dalam Pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018; 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Metode Tartila dalam Pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018 ; 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pembelajran Metode Tartila dalam Pembinaan kemampuan membaca al- Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field Research. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian pembelajran metode Tartila dalam Pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in dusun Kelanceng Kecamatan Ajung Tahun 2018 adalah: 1)Perencanaan Pembelajran metode Tartila dalam pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an meliputi penentuan tujuan, penentuan metode dan media 2)Pelaksanaan Pembelajaran metode Tartila dalam membaca al-Qur’an meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup meliputi evaluasi. 3) Evaluasi pembelajran metode Tartila dalam membaca al-Qur’an di TPQ Riyadlul Qori’in adalah evaluasi formatif (harian) melalui pembelajaran menggunakan metode Individual, kalau Tartila sudah khatam, maka langsung naik ke tingkat al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:20
Last Modified: 06 Apr 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21931

Actions (login required)

View Item View Item