Pembelajaran Kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah dalam Meningkatkan Pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama’ah Santri di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember

Solihin, Muhammad (2019) Pembelajaran Kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah dalam Meningkatkan Pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama’ah Santri di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD SOLIHIN_T20151279.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran kitab mafahim adalah suatu proses pemberian Ilmu pengetahuan mengenai akidah-akidah serta dalil-dalil mengenai ahlus sunnah wal jama’ah dari seorang guru kepada murid agar seorang murid dapat meniru dan mengembangkan pengetahuan yang telah diberikan oleh guru tersebut. Adapun proses pendekatan pembelajaran diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, jadi pembelajaran akan maksimal jika dari ketiga proses tersebut sudah terlaksana. Sedangkan Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah suatu golongan atau kelompok yang mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya secara bersama-sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah perencanaan pembelajaran kitab mafahim yajibu an tushohhah dalam meningkatkan pemahaman ahlus sunnah wal jama’ah santri di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember? (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran kitab mafahim yajibu an tushohhah dalam meningkatkan pemahaman ahlus sunnah wal jama’ah santri di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember? (3) bagaimanakah evaluasi pembelajaran kitab mafahim yajibu an tushohhah dalam meningkatkan pemahaman ahlus sunnah wal jama’ah santri di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab mafahim yajibu an tushohhah dalam meningkatkan pemahaman ahlus sunnah wal jama’ah santri di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab mafahim yajibu an tushohhah dalam meningkatkan pemahaman ahlus sunnah wal jama’ah santri di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab mafahim yajibu an tushohhah dalam meningkatkan pemahaman ahlus sunnah wal jama’ah santri di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriftif. Tektik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya mengunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) perencanaan pembelajaranya, yaitu: menentukan jadwal pembelajaranya, tidak mengadakan evalusi pembelajaran secara intensif, serta mewajibkan santri yang berstatus mahasiswa untuk mengikuti kajian kitab mafahim yajibu an tushohhah. (2) pelaksanaan pembelajaranya, yaitu: mengkolaborasikan dua metode yaitu metode bandongan dan metode ceramah, materi yang dipelajari mengenai ke-aswaja-an serta media yang berupa kitab mafahim yajibu an tushohhah, pulpen dan alat rekaman. (3) evaluasi pembelajaranya, yaitu: dilakukan satu kali dalam setahun dan semua santri diseleksi untuk dijadikan delegasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:19
Last Modified: 06 Apr 2023 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21934

Actions (login required)

View Item View Item