Implementasi Kurikulum Al-Azhar di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Ammanatul Ummah Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet

Wardhani, Dyah Kartika (2019) Implementasi Kurikulum Al-Azhar di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Ammanatul Ummah Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DYAH KARTIKA KUSUMA WARDHANI_T20151011.pdf

Download (4MB)

Abstract

MA Bertaraf Internasional (BI) Ammanatul Ummah merupakan Madrasah yang menawarkan program khusus dari MA Unggulan Ammanatul Ummah dengan status terakreditasi “A”. Pada penerapan kurikulum Al-Azhar, MA BI Ammanatul Ummah berbeda dengan madrasah pada umumnya. Dengan latar belakang pondok pesantren salaf, MA Ammanatul Ummah lebih memilih menggunakan bahan ajar kitab-kitab salaf dalam pengembangannya. Meski demikian, ijazah yang diterima oleh siswa MA BI Ammanatul Ummah sudah diakui di Timur Tengah misalnya, Kairo, Mesir, dan Yaman. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses implementasi tujuan kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto ? 2) Bagaimana proses implementasi materi kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto ? 3) Bagaimana proses implementasi strategi kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto ? 4) Bagaimana proses implementasi evaluasi kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses implementasi tujuan kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto. 2) Mendeskripsikan proses implementasi materi kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto. 3) Mendeskripsikan proses implementasi strategi kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto. 4) Mendeskripsikan proses implementasi evaluasi kurikulum Al-Azhar di MA BI Ammanatul Ummah Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakuakan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) bahwa kurikulum internasioal Al-Azhar merupakan kurikulum yang disetarakan di Al-Azhar dengan tujuan untuk membimbing dan mengarahkan siswa siswi agar dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 2) Adapun materi yang diberikan di kurikulum Al-Azhar yakni kitab-kitab salaf antara lain, kitab fathul qirib, tafsir jalalain dan kitab salaf lainnya. 3) strategi yang digunakan lebih menggunakan strategi klasikal yang disampaikan oleh ustad/ustadzah. 4) evaluasi yang dilakukan ada dua, yaitu evaluasi tes dan evaluasi douroh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:19
Last Modified: 06 Apr 2023 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21936

Actions (login required)

View Item View Item