Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Kajian Rohani Islam Dalam Rangka Penguatan Dan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sma Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2018/2019

Maulana, Mohammad Safri (2019) Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Kajian Rohani Islam Dalam Rangka Penguatan Dan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sma Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMMAD SAFRI MAULANA_084 141 410.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kunci keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah ada di tangan guru dan kepala sekolah. Namun, tugas seorang guru tidak cukup hanya mengajarkan materi, melainkan mendidik juga memberikan contoh teladan dalam berperilaku sehari-hari, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Mendidik adalah membantu atau membimbing siswanya dalam mengembangkan segala potensi yang dimilikinya, serta menanamkan nilai-nilai yang mulia kedalam kepribadianya. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi dan kualifikasi sebagai seorang pendidik dan juga harus memiliki kepribadian yang baik sehingga dapat dijadikan teladan dalam membentuk karakter siswanya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk program aktualisasi nilai-nilai karakter religius melalui kajian rohani islam dalam rangka penguatan dan penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan program kegiatan kajian rohani islam dalam rangka penerapan dan penguatan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaiamana evaluasi pelaksanaan kegiatan program kajian rohani islam dalam rangka penerapan dan penguatan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui bentuk program aktualisasi nilai-nilai karakter religius melalui kajian rohani islam dalam rangka penerapan dan penguatan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mengetahui pelaksanaan program kegiatan kajian rohani islam dalam rangka penerapan dan penguatan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mengetahui evaluasi pelaksanaan kegiatan kajian rohani islam dalam rangka penerapan dan penguatan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunkan koleksi data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1)aktualisasi nilai-nilai karakter religius beserta program kegiatanya melalui kajian rohani islam dalam rangka penguatan dan penerapan kurikulum 2013 adalah kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dengan tujuan mencetak peserta didik mempunyai karakter yang religus, membekali peserta didik agar mempunyai akhlak yang baik, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik, serta sebagai cara agar peserta didik peduli dengan kegiatan-kegiatan keagamaan baik yang ada di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. 2) Pelaksanaan kegiatan kajian rohani islam dalam rangka penerapan dan penguatan kurikulum 2013 di SMA adalah wujud dari program-program kegiatan yang telah dibuat oleh pengurus Karisma dan selanjutanya direalisasikan ke dalam bentuk yang nyata. Pada kenyataannya pelaksanaan kegiatan Karisma ada di luar jam sekolah dan tidak hanya bertempat di dalam lingkungan sekolah saja, akan tetapi juga di luar lingkungan sekolah. 3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan program kajian rohani islam dalam rangka penerapan dan penguatan kurikulum 2013 adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan program-program kegiatan yang sudah dibuat oleh pengurus Karisma. Dalam kenyataanya evaluasi yang dilakukan tidak hanya pada program-program kegiatanya saja, tetapi juga pada peserta atau anggota Karismanya. Evaluasi yang yang lebih ditonjolkan yaitu berkaitan dengan akhlak dan karakter peserta didik atau anggota Karisma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:19
Last Modified: 06 Apr 2023 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21938

Actions (login required)

View Item View Item