Pemaknaan nilai-nilai Islam dalam Persepsi Keluarga Beda Agama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.

Kristanti, Tri Handini (2019) Pemaknaan nilai-nilai Islam dalam Persepsi Keluarga Beda Agama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TRI HANDINI KRISTANTI_T20151003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah fenomena di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan bahwa terdapat beberapa warga yang memiliki keluarga dengan keyakinan berbeda-beda yaitu Islam, Kristen dan Hindu. Fenomena yang sering kali terjadi di desa ini adalah konversi agama, perpindahan agama menjadi muallaf. Penelitian ini dilakukan untuk menggali suatu Pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek akidah, ibadah dan akhlak yang di fahami oleh keluarga beda agama sehingga menjadikan satu penyebab terjadinya konversi agama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Adapun fokus penelitian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah 1) Pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek aqidah dalam persepsi keluarga beda agama di desa Balun Lamongan, 2) Pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek ibadah dalam persepsi keluarga beda agama di desa Balun Lamongan, 3) Pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek akhlak dalam persepsi keluarga beda agama di desa Balun Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena perpindahan agama melalui pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek akidah, ibadah dan akhlak dalam keluarga beda agama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi dengan alasan karena objek yang diteliti terkait dengan pemaknaan dalam suatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek aqidah dalam persepsi keluarga beda agama di desa Balun Lamongan adalah kepercayaan pada ajaran atau dogma agama yang bersumber dari keyakinan dalam hati bahwa dogma agama mengajarkan suatu kebenaran dan kebaikan, jika telah diyakini maka harus mengikuti segala aturan dan konsekuensi ajaran yang ada dalam keyakinan yang diikuti. 2) Pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek ibadah dalam persepsi keluarga beda agama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan adalah wujud bentuk terimakasih dan syukur manusia atas keselamatan dirinya dengan melaksanakan perintah kebaikan sesuai dengan ajaran keyakinan. 3) Pemaknaan nilai-nilai Islam pada aspek akhlak dalam persepsi keluarga beda agama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan adalah bentuk pelaksanaan kebaikan yang tertulis dalam kitab dan diajarkan oleh setiap keyakinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012820 Nikah Beda Agama (Inter-Religious Marriage)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:17
Last Modified: 06 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item