RAK Ahmad Hendra Bayu Prayitno, 2018: Penerapan Pendidikan Karakter pada Mahasiswa di Intellectual Movement Community IAIN Jember

Prayitno, Ahmad Hendra Bayu (2019) RAK Ahmad Hendra Bayu Prayitno, 2018: Penerapan Pendidikan Karakter pada Mahasiswa di Intellectual Movement Community IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Hendra Bayu Prayitno_084141100.pdf

Download (5MB)

Abstract

Merosotnya moral pada mahasiswa IAIN Jember menjadi latar belakang diterapkan pendidikan karakter yang ada di Komunitas IMC IAIN Jember. Pendidikan karakter yang diterapkan di IMC ialah untuk membentuk karakter baik bagi mahasiswa. Sehingga dengan hal tersebut, menjadikan mahasiswa IMC mudah dalam pembelajarannya Fokus penelelitian ini terdiri dari tiga hal, yaitu 1) Bagaimanakah penerapan pendidikan karakter jujur pada mahasiswa di IMC IAIN Jember? 2) Bagaimanakah penerapan pendidikan karakter disiplin pada mahasiswa di IMC IAIN Jember? 3) Bagaimanakah penerapan pendidikan karakter kerja keras pada mahasiswa di IMC IAIN Jember? Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter jujur pada mahasiswa di IMC IAIN Jember, 2) Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter disiplin pada mahasiswa di IMC IAIN Jember, 3) Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter kerja keras pada mahasiswa di IMC IAIN Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian studi kasus yang dilakukan di IMC IAIN Jember. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terakhir untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menghasilkan berikut ini 1) Penerapan pendidikan karakter jujur di IMC IAIN Jember yakni selektif dalam perijinan, selektif dalam tugas, sangsi tegas bagi yang melanggar, dan dapat apresiasi bagi yang jujur. 2) Penerapan pendidikan karakter disiplin di IMC IAIN Jember, yaitu mewajibkan mahasiswa untuk teratur dalam membaca, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, tepat waktu dalam kehadiran, dan sangsi yang tegas bagi yang melanggar aturan. 3) Penerapan pendidikan karakter kerja keras di IMC IAIN Jember, yakni tersedianya empat kali pembelajaran dalam seminggu, memberikan banyak tugas, menganjurkan untuk ikut even-even ilmiah, dan memberikan riward bagi mahasiswa yang berprestasi. Dari tiga hal penerapan pendikan karakter tersebut dapat mengantarkan mahasiswa IMC semakin mudah dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:17
Last Modified: 06 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item View Item