Penerapan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember.

Azhari, Ahmad Mahmud (2019) Penerapan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Mahmud Azhari_084 141 446.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode Nida adalah merupakan salah satu metode pembelajaran al-Quran praktis dan sistematis yang disusun oleh ustadz Masruri Yahya dari Jember Jawa Timur. Metode Nida dapat dan mudah dipelajari di semua kalanga, mulai dari usia dini sampai orang dewasa. metode Nida berbeda dengan metode-metode yang lainnya. Diantara yang membedakan metode ini dengan yang lainnya adalah dari segi penyusunan materinya disusun secara sistematis oleh penyusunnya dan metode ini hanya menggunakan dua buku saja, yaitu bukui dasar dan tartil. Dalam hal ini, Madrasatul Quran desa Kesilir kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kemampuan al-Qur’an kepada santri-santri sejak dini dengan menggunakan metode Nida. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah?; 2) Bagaimana Pelaksanaan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah?; 3) Bagaimana Evaluasi metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al- Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah? Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah?; 2) Mendiskripsikan Pelaksanaan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah?; 3) Mendiskripsikan Evaluasi metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran Nahdlatuth Thalabah? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatf deskriptif. Jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan Penerapan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasatul Quran, diantaranya; merumuskan tujuan sesuai dengan target setiap buku dasar dan tartil, merencanakan materi pelajaran sesuai materi buku dasar dan tartil, menentukan strategi pembelajaran individual privat dan klasikal, penggunaan alat peraga metode Nida, menentukan alokasi waktu sesuai yang telah ditetapkan Madrasatul Quran; 2) Pelaksanaan Penerapan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al- Quran di Madrasatul Quran yaitu; Kegiatan pembuka, seperti guru mengucapkan salam, berdoa bersama dan memberi motivasi. Kegiatan inti, seperti mengaji dengan strategi klasikal, mengaji menggunakan strategi individual privat, Kegiatan penutup, seperti tanya jawab materi yang telah diajarkan, berdoa dan mengucapkan salam; 3) Evaluasi Penerapan metode Nida dalam meningkatkan kemampuan membaca al- Quran di Madrasatul Quran, yaitu; evaluasi harian, permateri, dan evaluasi jilid (buku dasar dan tartil).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:16
Last Modified: 06 Apr 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21944

Actions (login required)

View Item View Item