Metode Pembiasaan Dalam Membentuk SikapTa’dzim Siswa Terhadap Guru di Madrasah Tsanawiyah Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember.

Rohmah, Akfen (2018) Metode Pembiasaan Dalam Membentuk SikapTa’dzim Siswa Terhadap Guru di Madrasah Tsanawiyah Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AKFEN ROHMAN_084 131 334.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penanaman karakter yang diterapkan secara sistematik dan berkelanjutan, seorang siswa akan menjadi cerdas emosinya. Bekal penting dalam mempersiapkan seorang siswa dalam menyongsong masa depan. Peneliti mengkaji mengenai metode pembiasaan untuk menanamkan karakter siswa. Terutama pada anak usia remaja agar cenderung tidak bersikap hormat terhadap guru. Karena kerisis akhlak yang dialami remaja dapat diatasi dan itu adalah tugas guru dalam membangun karater siswa. Metode adalah cara yang teratur digunakan untuk melaksakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai denagan yang dikehendaki. Cara kerja yang bersistem agar memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang diutamakan. Mts Kholid Bin Walid Dukuhmencek Sukorambi Jember menggunakan metode pembiasaan agar dapat membentuk rasa hormat siswa terhadap guru secara sistematik dan berkelanjutan, seorang siswa akan menjadi lebih baik dalam belajarnya. Fokus penelitianya adalah: 1) Bagaimana proses metode pembiasaan dalam upaya membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember. 2) Bagaimana hasil pembelajaran menggunakan metode pembiasaan dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran menggunakan metode pembiasaan dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif hasil penelitian ini bersifat ilmiah dan metode pengumpulan data adalah metode observasi, interview dan dokumenter. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Miles and Huberman. Sedangkan analisis tersebut ialah: 1) reduksi data. 2) penyajian data. 3) penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dikemukakan kesimpulan seperti berikut: 1) pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru melalui kegiatan rutin, sepontan dan teladan. Dimana siswa diajarkan untuk mengucapkan salam, berdoa, mematuhi tata tertib dari guru. mengucapkan salam saat bertemu guru, orang tua. 2) Hasil pembelajaran menggunakan metode pembiasaan dalam membentuk sikap ta’dzim siswa terhadap guru adalah dimana siswa menghormati guru, siswa mendengarkan dan melaksanakan perintah guru, bersikap disiplin, sopan dan santu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:57
Last Modified: 06 Apr 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item