Pembentukan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Humanis di Yayasan Untukmu Si Kecil Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember 2018/2019.

Mukarromah, Liana (2019) Pembentukan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Humanis di Yayasan Untukmu Si Kecil Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Liana Mukarromah_084141545.pdf

Download (59MB)

Abstract

Dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal, pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Yayasan Untukmu Si Kecil mencoba untuk membantu masyarakat dalam usahanya mempersiapkan anak bangsa dari ‘‘kelompok kecil, yang berezeki kecil’’, menjadi warga yang lebih cerdas, kreatif, terampil, tangguh, toleran, dan cinta tanah air. Anak-anak dari masyarakat kelas bawah tersebut di arahkan melalui pendidikan yang positif, seperti: berkesenian, membaca, menulis, dan berdiskusi. Selain itu juga merawat dan mengembangkan permainan tradisional, yang kesemuanya secara langsung atau tidak langsung mengandung nilai-nilai karakter. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembentukan karakter religius melalui pembelajaran humanis di Yayasan Untukmu Si Kecil Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember Tahun 2018/2019? (2) Bagaimana pembentukan karakter kreatif melalui pembelajaran humanis di Yayasan Untukmu Si Kecil Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember Tahun 2018/2019?. Tujuan Penelitian: (1) Mendeskripsikan pembentukan karakter religius melalui pembelajaran humanis di Yayasan Untukmu Si Kecil Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember Tahun 2018/2019 (2) Mendeskripsikan pembentukan karakter kreatif melalui pembelajaran humanis di Yayasan Untukmu Si Kecil Rumah Belajar dan Rumah Bermain Jember Tahun 2018/2019. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan tehnik dokumenter. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pembentukan karakter religius melalui pendidikan humanis di lakukan dengan: (a) Pembiasaan senyum, salam dan sapa, (b) Saling hormat dan toleran. (c) tarian ayo sholat (2) Pembentukan karakter kreatif melalui pendidikan humanis dapat dilihat dari sikap: (a) Melalui permainan kokoru (b) Pembelajaran menggambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:57
Last Modified: 06 Apr 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21950

Actions (login required)

View Item View Item