Pelaksanaan Pembelajaran Intensif Membaca dan Menulis Alquran (IMMA) juz 30 di Mi Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2018/2019.

Koyum, Nur (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Intensif Membaca dan Menulis Alquran (IMMA) juz 30 di Mi Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Koyum_084 144 014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran intensif membaca dan menulis Alquran merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus bahkan sudah masuk ke dalam pembiasaan siswa. Pembelajaran ini agar sisiwa dapat mencintai Alquran dan agar terbiasa membaca Alquran dengan lancar dan fasih, serta dapat memehami hukum-hukum bacaan berdasarkan kaidah ilmu tajwid. Pembelajaran ini tentunya dapat menumbuh kembangkan perilaku sosial yang baiksesuai tuntunan Islam dan pengalaman pendidikannya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana materi pelaksanaan pembelajaran Intensif membaca dan menulis Alquran (IMMA) Juz 30 di Mi Muhammadiyah Pontang Ambulu tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran Intensif membaca dan menulis Alquran (IMMA) Juz 30 di Mi Muhammadiyah Pontang Ambulu tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana media pelaksanaan pembelajaran Intensif membaca dan menulis Alquran (IMMA) Juz 30 di Mi Muhammadiyah Pontang Ambulu tahun pelajaran 2017/2018? 4) Bagaimana Evaluasi Pelaksanaan pembelajaran Intensif membaca dan menulis Alquran (IMMA) Juz 30 di MI Muhammadiyah Pontang Ambulu tahun pelajaran 2017/2018 ? Pendekatan yang digunakan dalam adalah penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan adalah sebuah penelitian yang sumber data atau proses penelitiannya menggunakan kancah atau lokasi tertentu. Penentuan subyek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data dan kesimpulan. Kebsahan data menggunakan triangulasi tekhnik dan sumber. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Materi pembelajaran intensif membaca dan menulis Al-qur’an juz 30 terkait dengan ilmu tajwid silafatul huruf, fashohah dan makharijul huruf. 2) Metode pelaksanaan intensif membaca dan menulis Alquran juz 30 menerapkan metode tilawati. 3) Media pembelajaran intensif membaca dan menulis Alquran juz 30 menggunakan media alat peraga, buku juz amma, kitabaty. 4) Evaluasi pembelajaran intensif membaca dan menulis Alquran juz 30 evaluasi menggunakan tekhnik tes tulis dan tes lisan. Kata Kunci: Pembelajaran intensif membaca dan menulis Alquran juz 30

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:57
Last Modified: 06 Apr 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item