Peran Pesantren dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang

Hidayatullah, Muhammad Ikhwan (2019) Peran Pesantren dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD IKHWAN HIDAYATULLAH_084 131 496.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menamnamkan suatu pendidikan moral yang baik kepada diri seorang santri. Dalam prakteknya penerapan pendidikan moral lebih banyak dilakukan di luar kelas, karena di luar kelas santri dianjurkan untuk membiasakan diri seperti, berjabat tangan saat bertemu Ustadz, datang lebih awal sebelum kegiatan berlangsung, displin dalam mengikuti semua kegitan yang ada dalam pesantren, dan lain-lain. Pesantren juga mempunyai materi atau kitab dalam meningkatkan pendidikan moral dengan kitab Aqidah Akhlaq yang bertujuan selain santri menerapkan juga mengerti apa itu moral. Fokus penelitian ini adalah 1) Apa materi kurikulum dalam meningkatkan pendidikan moral santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana strategi pesantren dalam meningkatkan pendidikan moral santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang? Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan materi kurikulum dalam meningkatkan pendidikan moral santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, 2) Untuk mendeskripsikan strategi pesantren dalam meningkatkan pendidikan moral santri di Pondok Pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penetuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Materi dalam meningkatkan pendidikan moral di pondok pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang yaitu menggunakan materi atau kitab Akhlak, yang mana kitab Akhlak digunakan sesuai pengetahuan santri agar santri lebih faham dan mengerti dalam pelaksanaannya. Kitab Akhlak ada beberapa tingkatannya yaitu kitab Ta’limul Muta’alim, Al-Akhlaq Lil Banin dan Al-Akhlaq Lil Banat, Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’, dan Idhotun Nasyi’in. 2) strategi dalam meningkatkan pendidikan moral santri di pondok pesantren Wahyu Hidayatul Islam Desa Kelapa Sawit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang yaitu menggunakan strategi keteladanan, pembiasaan, membuat peraturan, aktifitas atau hobi, dan buku santri. Dalam beberapa strategi tersebut adalah suatu cara dalam meningkatkan pendidikan moral kepada diri seorang santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:57
Last Modified: 06 Apr 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21953

Actions (login required)

View Item View Item