Penerapan Strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Afnani, A Zainul (2019) Penerapan Strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
A ZAINUL AFNANI_084 141 295.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi untuk menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif dan efesian di SMP Ainul Yaqin yang mana guru Pendidikan Agama Islam memiliki enisiatif unutk meningkatkan cara mengajarnya dengan menggunakan strategi Index Card Match. Strategi dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang baik. Sehingga peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember tahun pelajaran 2018/2019 2) Bagaimana pelaksanaan strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember tahun ajaran 2018/2019, 3) Bagaimana evaluasi strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember tahun ajaran 2018/2019? Sedangkan tujuan dari penelitian yaitu : 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung tahun pelajaran 2018/2019, 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung tahun pelajaran 2018/2019, 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Ainul Yaqin Ajung tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian pada skripksi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menentukan sabyek penelitian mengunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan, sedangkan analisis data menggunakan triangulasi teknik. Temuan penentian ini yang dilakuakan di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember dalam penerapan strategi Index Card Match. Sebelum dilaksanakan proses pembelejaran guru terlebih dahulu menyiapkan perencanaan yang terdiri dari perencanaan tujuan, materi, media, langkah-langkah, alokasi waktu dan evaluasi. Dan dalam pelaksanaannya yaitu pelaksanaan tujuan, materi, media, langkahlangkash, alokasi waktu dan evaluasi, sedangkan dalam evaluasi mencakup evaluasi tujuan, materi, media, langkah-langkah, alokasi waktu dan evaluasi .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:15
Last Modified: 06 Apr 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21954

Actions (login required)

View Item View Item