Pengembangan Karakter Panca Jiwa Santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad Sukowono Jember

Fatmawati, Anik (2019) Pengembangan Karakter Panca Jiwa Santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad Sukowono Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIK FATMAWATI_084 141 399.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan karakter merupakan permasalahan yang selalu menjadi tantangan manusia dalam sepanjang sejarahnya terhadap pembentukan perilaku. Karena Pengembangan karakter adalah sebuah penataan dari diri setiap manausia yang mempunyai tujuan agar seseorang mampu menjadikan dirinya masingmasing menjadi lebih baik dan mempunyai akhlak yang baik yang akan tertanam pada diri seseorang. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana pengembangan karakter keikhlasan santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad? (2) Bagaimana Pengembangan karakter kesederhanaan santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad? (3) Bagaimana pengembangan karakter mandiri santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad? (4) Bagaimana pengembangan karakter ukhuwah islamiyah santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad? (5) Bagaimana pengembangan karakter kebebasab santri di pondok Pesntren Manhadlul Ubbad? Tujuan penelitian meliputi: (1) mendeskripsikan pengembangan karakter keikhlasan santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad. (2) mendeskripsikan pengembangan karakter kesederhanaan santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad. (3) mendeskripsikan pengembangan karakter mandiri santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad. (4) mendeskripsikan pengembangan karakter ukhuwah islamiyah santri di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad. (5) mendeskripsikan pengembangan karakter kebebasab santri di pondok Pesntren Manhadlul Ubbad. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researct). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan karakter keikhlasan santri dilakukan melaui kegiatan ibadah sholat dan puasa dengan pengajaran kitab aqidah dan penegakan aturann. (2) pengembangan karakter kesederhanaan santri dilakukan dengan menggunakan pakaian yang sederhana dan merias wajah tidak berlebihan. Model pengembangan adalah dengan pengajaran kitab akhlaq dan penegakan aturan. (3) pengembangan karakter kemandirian santri dilakukan melalui kegiatan rutinitas memasak, mencuci, dan mengelola keuangan. tidak disediakan kantin dan tempat laundry baju dan ada penegakan hukumannya. (4) pengembangan karakter Ukhuwah Islamiyah santri dengan: a. Ukhuwah Religius, pengembangan Ukhuwah Religius dan Ukhuwah Insaniyah. (5) pengembangan karakter kebebasan melalui kegiatan pribadi melalui pendekatan pengalaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:15
Last Modified: 06 Apr 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item