Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Santri Melalui Pembiasaan di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten lumajang

Sukri, Moch (2019) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Santri Melalui Pembiasaan di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Sukri_084 148016.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan dan kualitas kehidupan suatu bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa kemajuan suatu bangsa atau Negara dapat dicapai melalui pembaharuan serta penataan pendidikan yang baik. Keberadaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang cerdas, pandai, berilmu pengetahuan yang luas, berjiwa demokratis serta berakhlaqul karimah di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten lumajang yang menjadi lokasi penelitian ini. Fokus penelitian ini mengkaji bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada santri melalui pembiasaan di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten lumajang, yang meliputi tiga pembahasan, yaitu: (1) bagaimana penerapan penanaman nilai - nilai Akidah pada santri melalui pembiasaan (2) bagaimana penerapan penanaman nilai - nilai syari’ah pada santri melalui pembiasaan.(3) bagaimana penerapan penanaman nilai-nilai akhlak pada santri melalui pembiasaan. Sedangkan tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan penanaman nilai - nilai pendidikan Islam pada santri melalui pembiasaan di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten lumajang Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten lumajang. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Penanaman nilai nilai Akidah di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Melalui Pembiasaan sudah berjalan. ini antara lain: berupa Iman kepada Allah, Malaikat, Rosul, Kitab, Hari ahir dan Qodo’ dan qodar (2) Penanaman nilai-nilai syari’ah di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Melalui Pembiasaan sudah berjalan. Seperti ; Syahadat, pembiasaan Sholat berjama’ah, puasa, zakat dan haji. (3) Penanaman nilai-nilai Ahklak di Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Melalui Pembiasaan melakukan akhlak mahmudah dan menjauhkan akhlak madzmumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:15
Last Modified: 06 Apr 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item View Item