Penerapan program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran fiqh di MTs Al Qodiri

Waqi'ah, Irhasul (2019) Penerapan program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran fiqh di MTs Al Qodiri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IRHASUL WAQI’AH_084 141 155.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penerapan program pusat kegiatan masyarakat ini sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam mempraktekan thaharah, shalat dan haji. Maka dari Madrasah Tsanawiyah Al Qodiri menerapkan program pusat kegiatan masyarakat untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran fiqih. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: (1) Bagaimana program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran shalat di MTs Al Qodiri? (2) Bagaimana program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran thaharah di MTs Al Qodiri? (3) Bagaimana program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran haji di MTs Al Qodiri? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran shalat di MTs Al Qodiri (2) Mendeskripsikan program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran thaharah di MTs Al Qodiri (3) Mendeskripsikan program pusat kegiatan masyarakat pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran haji di MTs Al Qodiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Program Pusat Kegiatan Masyarakat tentang shalat ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pelajaran fiqih yang mampu mengamalkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya, (2) Program pusat kegiatan masyarakat tentang thaharah ini sangat menunjang keberhasilan fiqih karena kegiatan ini ditunjang dengan praktek, (3) Program Pusat Kegiatan Masyarakat tentang haji perencanaannya harus benar-benar matang sehingga mencapai tujuan dalam suatu program dan meningkatkan keberhasilan dalam suatu program.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:16
Last Modified: 06 Apr 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item