Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam mata Pelajaran Penddikan Agama Islam pada siswa Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-A Taman Pendidikan dan Asuhan Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Firdhayanti, Nila (2019) Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam mata Pelajaran Penddikan Agama Islam pada siswa Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-A Taman Pendidikan dan Asuhan Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nila Firdhayanti_084 141 119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap orang ingin tumbuh sama seperti orang lain. Mendapatkan hak yang sama serta keberadaannya di anggap dan dihargai oleh masyarakat. Kenyataannya keadaan tersebut tidak sebanding dengan harapan yang di inginkan oleh setiap orang. Sarana yang paling tepat untuk mewujudkan seriap harapan orang adalah melalui saluran pendidikan. Oleh sebab itu dalam hal ini pendidikan menempati tempat yang penting dalam kehidupan seseorang, sekalipun seseorang yang memiliki kekurangan seperti fisik yang tidak sempurna. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana membuat persiapan metode pembelajaran Demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-A Taman Pendidikan dan Asuhan Bintoro Patrang Jember tahun pelajaran 2018/2019 ? 2). Bagaiamana pelaksanaan metode pembelajaran Demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-A Taman Pendidikan dan Asuhan Bintoro Patrang Jember tahun pelajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan pembuatan persiapan metode pembelajaran Demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-A Taman Pendidikan dan Asuhan Bintoro Patrang Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2). Mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran Demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-A Taman Pendidikan dan Asuhan Bintoro Patrang Jember tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research fenomenologi, teknik penentuan subyek penelitian yaitu purposive, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data deskriptif kualitatif menggunakan model Interaktif Miles And Hubberman dengan langkah sebagai berikut: data collection, data reduction, data display dan conclusions : drawing / verifying. Teknik keabsahan data menggunakan: Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1). Pembuatan persiapan metode pembelajaran demonstrasi dalam mata pelajaran PAI pada siswa tunanetra di SMPLB-A sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah yang dituangkan dalam RPP. 2). Pelaksanaan metode pembelajaran demonstrasi dalam mata pelajaran PAI pada siswa tunanetra di SMPLB-A berjalan sesuai dengan RPP serta dapat membuat siswa lebih memahami materi-materi yang telah di berikan oleh guru kepada mereka karena melihat kondisi visual mereka yang lemah maka pendemonstrasian dalam pembelajaran ibadah menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi siswa penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:16
Last Modified: 06 Apr 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item