Implementasi Pendidikan Karakter Islami Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Di MA Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Lestari, Vina (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Islami Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Di MA Muhammadiyah 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vina Lestari_084 141 113.pdf

Download (27MB)

Abstract

Pendidikan secara umum dipahami sebagai proses pendewasaan sosial manusia menuju terciptanya manusia seutuhnya, meliputi adanya keseimbangan aspek-aspek kemanusiaan yang selaras dan serasi baik lahir maupun batin. Di zaman milenial ini pemerintah mementingkan pendidikan karakter, oleh sebab itu kurikulum di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember yang digunakan adalah K13. Di Indonesia ini ada organisasi masyarakat yang sudah luar biasa berperan memajukan bangsa ini salah satu diantaranya adalah organisasi Muhammadiyah. Di dalam kaidah pendidikan Muhammadiyah menetapkan kepanduan Hizbul Wathan sebagai salah satu ekstrakurikuler wajib sekolah Muhammadiyah yang mengimplementasikan pendidikan karakter islami artinya dalam melaksanakan metode kepanduan adalah untuk menanamkan aqidah Islam dan membentuk karakter mulia. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius pada kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter mandiri pada kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019?, 3) Bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interaktif Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik dengan mengecek kembali data-data yang diperoleh peneliti kepada semua sumber yang ada dan mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda sehingga data tersebut akurat. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) implementasi pendidikan karakter religius pada kegiatan hizbul wathan di MA Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: sholat berjamaah, membiasakan membaca Al-Qur’an dan membaca do’a sebelum dan sesudah kegiatan. 2) implementasi pendidikan karakter mandiri pada kegiatan hizbul wathan di MA Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: perkemahan sabtu-minggu, menabung, dan melaksanakan perintah tanpa disuruh. 3) implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada kegiatan hizbul wathan di MA Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: membina ditingkat Athfal dan Pengenal dan menjadi panitia suatu kegiatan.Pendidikan secara umum dipahami sebagai proses pendewasaan sosial manusia menuju terciptanya manusia seutuhnya, meliputi adanya keseimbangan aspek-aspek kemanusiaan yang selaras dan serasi baik lahir maupun batin. Di zaman milenial ini pemerintah mementingkan pendidikan karakter, oleh sebab itu kurikulum di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember yang digunakan adalah K13. Di Indonesia ini ada organisasi masyarakat yang sudah luar biasa berperan memajukan bangsa ini salah satu diantaranya adalah organisasi Muhammadiyah. Di dalam kaidah pendidikan Muhammadiyah menetapkan kepanduan Hizbul Wathan sebagai salah satu ekstrakurikuler wajib sekolah Muhammadiyah yang mengimplementasikan pendidikan karakter islami artinya dalam melaksanakan metode kepanduan adalah untuk menanamkan aqidah Islam dan membentuk karakter mulia. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius pada kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter mandiri pada kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019?, 3) Bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interaktif Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik dengan mengecek kembali data-data yang diperoleh peneliti kepada semua sumber yang ada dan mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda sehingga data tersebut akurat. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) implementasi pendidikan karakter religius pada kegiatan hizbul wathan di MA Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: sholat berjamaah, membiasakan membaca Al-Qur’an dan membaca do’a sebelum dan sesudah kegiatan. 2) implementasi pendidikan karakter mandiri pada kegiatan hizbul wathan di MA Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: perkemahan sabtu-minggu, menabung, dan melaksanakan perintah tanpa disuruh. 3) implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada kegiatan hizbul wathan di MA Muhammadiyah 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: membina ditingkat Athfal dan Pengenal dan menjadi panitia suatu kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:16
Last Modified: 06 Apr 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21963

Actions (login required)

View Item View Item