Penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren Dalam Laporan Keuangan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Badriyah, Lailatul (2023) Penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren Dalam Laporan Keuangan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Lailatul Badriyah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lailatul Badriyah, Munir Is'adi, 2023: Penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren Dalam Laporan Keuangan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong Probolinggo.

Kata kunci: Pedoman Akuntansi Pesantren, Laporan Keuangan, Pondok
Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong

Pondok Pesantren merupakan peran penting dalam perkembangan keberagaman di Indonesia. Oleh karena itu, perlu penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan Pedoman Akuntansi Pesantren. Penerapan sistem akuntansi tidak hanya dibutuhkan oleh lembaga non-keagamaan, akan tetapi pesantren sebagai organisasi ummat yang termasuk organisasi nirbala tidak terkecuali membutuhkan rules tentang bagaimana seharusnya penyusunan laporan keuangan itu dibuat dengan nilai-nilai pesantren dan akuntansi itu sendiri.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana laporan keuangan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong Probolinggo? 2) Bagaimana penerapan pedoman akuntansi pesantren dalam laporan keuangan Pondok Pesantren Puri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong Probolinggo?
Dari fokus masalah diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana laporan keuangan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong dan untuk mengetahui penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren dalam laporan keuangan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan triangulasi sumber. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian menyatakan bahwa laporan keuangan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong sudah ada namun belum menerapkan Pedoman Akuntansi Pesantren. Sehingga pencatatan yang dilakukan Pondok Pesantren Putri Hafshawaty Zainul Hasan Genggong belum bisa mengidentifikasi aset, liabilitas, dan aset neto yang dimiliki pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Lailatul Badriyah Suwadi
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:43
Last Modified: 06 Apr 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21964

Actions (login required)

View Item View Item