Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pesantren Perspektif KH. A. Mustofa Bisr

Tsuroya, Fatia Inast (2019) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pesantren Perspektif KH. A. Mustofa Bisr. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FATIA INAST TSUROYA_T20151353.pdf

Download (5MB)

Abstract

Degradasi moral yang melanda di seluruh lapisan masyarakat, mulai dari kalangan pelajar hingga kalangan pejabat, membuat sistem pendidikan dipertanyakan keberadaanya. Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai pesantren perspektif KH. A. Mustofa Bisri dinilai menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Karena, pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sudah lama menerapkan pendidikan karakter dan transformasi nilai-nilai pesantren pada anak didiknya. Sedangkan KH. A. Mustofa Bisri merupakan seorang ulama kharismatik yang sukses membawa nilai-nilai pesantren. Fokus kajian ini adalah: (1) Bagaimana pendidikan karakter perspektif KH. A. Mustofa Bisri ?. (2) Bagaiamana pendidikan karakter berbasis nilai-nilai pesantren perspektif KH. A. Mus hofa bisri ? sedangkan, Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pendidikan karakter perspektif KH A. Mustofa Bisri. (2) Mendeskripsikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai pesantren perspektif KH. A. Mustofa Bisri.. Jenis penelitian ini termasuk penelitian studi tokoh dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, tekhnik analisa datanya menggunakan analisis data interaktif dan untuk menguji keabsahan datanya mengunakan triangulasi sumber dan tekhnik. Kesimpulannya: 1. Konsep pemikiran pendidikan karakter menurut KH. A. Mustofa Bisri, bahwa pendidikan (tarbiyah) itu sendiri, telah mengandung pengertian “membangun karakter” dan pendidikan yang sesungguhnya menurut Gus Mus memang ada di pesantren. Dikarenakan pesantren merupakan pusat pembelajaran yang banyak mengandung nilai kebaikan untuk diterapkan. Berbeda dengan pendidikan yang ada di sekolah-sekolah formal itu umumnya lebih kepada pengajaran (ta’lim). 2. Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai pesantren perspektif KH. A. Mustofa Bisri adalah, (1) Kesederhanaan, (2) Penghargaan kepada ilmu dan ahli ilmu, (3) Mencintai Negara, (4) Jujur dan amanah, (5) Adil (Tegak Lurus), (6) Menghargai orang lain (ngewongke uwong), (7) Berakhlak mulia, (8) Semangat, dan (9) Musyawarah. Semua Nilai-nilai pesantren yang dibawa oleh KH. A. Mustofa Bisri mengandung kebaikan untuk diterapkan. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Pesantren, KH. A. Mustofa Bisri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:16
Last Modified: 06 Apr 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21968

Actions (login required)

View Item View Item