Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2018/2019

Afkarina, Fiska Izza (2019) Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FISKA IZZA AFKARINA_084 141 277.pdf

Download (6MB)

Abstract

Metode resitasi sangatlah penting digunakan dalam proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penggunaan metode Resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai penguat dalam memahami materi dan siswa dapat memperdalam pengertian dan menambah keaktifan. Dengan menggunakan metode resitasi, siswa dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Guru di SMP Negeri 1 Umbulsari dalam menyampaikan materi menggunakan metode ceramah, kemudian ditambah dengan metode resitasi supaya siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Berdasarkan fenomena tersebut maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persiapan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan persiapan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2018/2019 dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Umbulsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persiapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Umbulsari yaitu guru membuat rancangan tugas sesuai dengan kompetensi dan indikator hasil belajar, materi pokok yang ada di LKS PAI, uraian tugas yang harus dikerjakan yaitu LKS, guru memberikan waktu yang cukup dalam mengerjakan tugas, serta membuat format laporan secara jelas. 2) Pelaksanaan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Umbulsari. Pelaksanaan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas meliputi Fase Pemberian Tugas yaitu guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca LKS PAI materi iman kepada Malaikat Allah kemudian merangkum sedikit dibuku tugas setelah itu guru menyuruh siswa untuk mengerjakan tugas yang ada di LKS, Kedua Fase Pelaksanaan Tugas yaitu guru memberikan bimbingan dan pengawasan dengan berkeliling ke bangku siswa untuk memastikan apakah siswa mengerjakan tugas atau tidak. Ketiga pertanggungjawaban tugas yaitu siswa diminta oleh guru maju ke depan untuk membacakan hasil rangkuman tentang iman kepada Malaikat Allah kemudian siswa juga disuruh mengumpulkan tugas yang ada di LKS, kemudian guru memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. Jadi, metode resitasi di SMP Negeri 1 Umbulsari ini sudah cukup membuat siswa aktif untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:18
Last Modified: 06 Apr 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21970

Actions (login required)

View Item View Item