Metode Pendidikan Islam Pada Anak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam

Firdausiah, Yulia Nuril (2019) Metode Pendidikan Islam Pada Anak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yulia Nuril Firdausiah_084 121 353.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan Metode Pendidikan Islam pada Anak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam 2) Untuk mengetahui keunggulan yang dimiliki Metode Pendidikan Islam pada Anak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data penelitian sebagai sumber yang tertulis atau sumber di luar kata dan tindakan.Sumber utama penelitian ini digali dari karya otoritatif yang ditulis oleh Abdullah Nashih Ulwan yakni kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumenter, Data yang berhasil dikumpulan dan telah diuji, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif-interpretatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Metode Pendidikan Islam pada Anak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dapat diketahui bahwa: 1) Pendidikan dengan keteladan, 2) Pendidikan dengan adat kebiasaan 3) Pendidikan dengan nasehat, 4) Pendidikan dengan perhatian/pengawasan dan 5) Pendidikan dengan hukuman. Keunggulan yang dimiliki metode pendidikan Islam pada anak menurut perspektif Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam yaitu 1) metode keteladanan dalam pendidikan adalah cara yang paling efektif dan berhasil dalam mempersiapkan dan membentuk anak di dalam moral, spiritual, dan sosial 2) Pendidikan dengan adat kebiasaan, setiap manusia yang dilahirkan memiliki potensi masing-masing, salah satunya berupa potensi beragama 3) Pendidikan dengan nasihat yang termasuk metode pendidikan yang cukup berhasil dalam pembentukan akidah anak dan mempersiapkannya baik secara moral, emosional, maupun sosial 4) Pendidikan dengan perhatian, sebagai orangtua berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan anaknya, baik kebutuhan jasmani ataupun kebutuhan yang berbentuk rohani, dan 5) Pendidikan dengan memberi hukuman dengan harapan anak tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan. Kata Kunci: Metode Pendidikan Islam, Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dan Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:18
Last Modified: 06 Apr 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21975

Actions (login required)

View Item View Item