Implenmentasi Pembelajaran PAI di Ma’had AlMuhammadiyah Al-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailand Selatan Tahun 2018-2019.

Mahama, Sofeeyah (2019) Implenmentasi Pembelajaran PAI di Ma’had AlMuhammadiyah Al-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailand Selatan Tahun 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofeeyah Mahama_084131077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses yang diupayakan agar peserta didik dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki baik kognitif maupun sosioemosional secara efektif dan efisien untuk mencapai perubahan perilaku yang diharapkan. Sedangkan pembelajaran makro terkait dengan dua jalur, yaitu individu yang belajar dan penataan konponen eksternal agar terjadi proses belajar pada individu yang belajar. Focus penelitian yang angkat dalam skripsi ini disntaranya yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah ALIslamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018- 2019?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di Ma’had AlMuhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018-2019?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018-2019? Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018-2019, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018-2019, 3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018- 2019 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu deskriptif, penentuan Informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kamudian analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan), sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan, 1) perencanaan pembelajaran PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018-2019 yaitu menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang ditentukan. 2) pelaksanakan PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018-2019 yaitu menerapkan metode, materi dan media pembelajaran. 3) evaluasi PAI di Ma’had Al-Muhammadiyah AL-Islamiyah (Darawithaya School) Narathiwat Thailaland Selatan Tahun 2018-2019 yaitu menggunakan tiga jenis yaitu formatif, sumatif dan diagnostik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:17
Last Modified: 06 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item