Pemanfaatan Media Kartu Halangan Untuk Meningkatkan Sikap Jujur Peserta Didik Di MAN 2 Banyuwangi

Fitria, Ani Hidayatul (2019) Pemanfaatan Media Kartu Halangan Untuk Meningkatkan Sikap Jujur Peserta Didik Di MAN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ani Hidayatul Fitria_084141382.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan karakter sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Tidak hanya di lingkungan sekolah saja, melainkan di lingkungan keluarga dan sosial pun mutlak memerlukan pendidikan karakter. Adanya pendidikan karakter dimaksudkan untuk menjadi salah satu jawaban terhadap berbagai permasalahan yang ada. Yang mana berbagai permasalahan tersebut salah satunya disebabkan oleh gagalnya dunia pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai moral kepada peserta didik. Banyak nilai-nilai moral yang perlu ditanamkan pada peserta didik. Diantara nilai-nilai moral tersebut yang paling utama ialah nilai kejujuran. Jujur dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) berarti lurus hati, tidak berbohong (berkata apa adanya), tidak curang, tulus dan ikhlas. Salah satunya media kartu halangan yang ada di MAN 2 Banyuwangi. Media kartu halangan merupakan salah satu pendukung untuk meningkatkan sikap jujur peserta didik di MAN 2 Banyuwangi. Fokus penelitian ini adalah,(1) Apakah pemanfaatan media kartu halangan dapat meningkatkan sikap jujur peserta didik di MAN 2 Banyuwangi, (2) Bagaimana langkah-langkah pemanfaatan edia kartu halangan yang dapat meningkatkan sikap jujur peserta didik di MAN 2 Banyuwangi, (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan media kartu halangan untuk meningkatkan sikap jujur pada peserta didik di MAN 2 Banyuwang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan pemanfaatan media kartu halangan untuk meningkatkan sikap jujur peserta didik di MAN 2 Banyuwangi. (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pemanfaatan media kartu halangan yang dapat meningkatkan sikap jujur peserta cara mempertahankan tradisi hafaldidik di MAN 2 Banyuwangi, (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan media kartu halangan untuk meningkatkan sikap jujur peserta didik di MAN 2 Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitinnya penelitian tindakan sekolah (PTS). Adapun metode pengumpulan data di skripsi ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data interktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan diantaranya adalah (1)Media kartu halangan dapat meningkatkan sikap jujur peserta didik di MAN 2 Banyuwangi. (2) berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MAN 2 Banyuwangi pada saat shalat berjamaah dilaksanakan, langkah-langkah pemanfaatannya dapat dilihat ketika siswi yang berhalangan dibawa ke lapangan agar tidak mengganggu siswa yang lain. (3) beberapa faktor pendukung diadakannya media kartu halangan adalah untuk mengisi kegiatan siswi yang berhalangan ketika kosong, mengetahui kesehatan reproduksi siswi, menjaga siswi agar siswi terhindar dari seks bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:17
Last Modified: 06 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item View Item