Penanaman Karakter Jujur Dan Cinta Tanah Air Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Alifa, Anis (2019) Penanaman Karakter Jujur Dan Cinta Tanah Air Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anis Alfia_084 141 345.pdf

Download (22MB)

Abstract

Karakter adalah sifat, akhlak, budi pekerti yang diwujudkan melalui nilai-nilai moral untuk menjadi semacam nilai intrinsik dalam diri kita, yang akan melandasi sikap dan perilaku kita. Jujur menjadi aspek penting dalam pendidikan karakter, karena ketika seseorang dapat berperilaku jujur, maka hal yang akan terhindari adalah sebuah kebohongan dan juga sebuah kecurangan. Kejujuran harus ditanamkan sejak dini kepada anak agar kelak mereka memiliki serta terbiasa bersikap jujur. Sedangkan rasa Cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati, dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada Negara tempat ia tinggal. Seseorang yang sudah cinta terhadap sesuatu, maka dia akan rela melakukan apa saja demi yang dicintainya. Begitu pula ketika seseorang mampu mencintai tanah airnya, maka dia akan rela melakukan apa saja demi tanah airnya, dan dia tidak akan bahkan enggan untuk membuat nama tanah kelahirannya menjadi buruk dan tercoreng akibat ulah darinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana penanaman karakter jujur dalam membentuk akhlakul karimah siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Bagaimana penanaman karakter cinta tanah air dalam membentuk akhlakul karimah siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana penanaman karakter jujur dalam membentuk akhlakul karimah siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember tahun pelajaran 2018/2019 . 2) Mendeskripsikan bagaimana penanaman karakter cinta tanah air dalam membentuk akhlakul karimah siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penanaman karakter jujur dan cinta tanah air siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember, yaitu : 1) Penanaman karakter jujur dalam membentuk akhlakul karimah siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember tahun pelajaran 2018/2019, yaitu dengan memberikan nasehat atau motivasi kepada siswa agar selalu bersikap jujur, dan dari perbuatan jujur itu akan menimbulkan akhlak baik, baik dihadapan tuhan, sesama manusia serta lingkungannya. 2) Penanaman karakter cinta tanah air dalam membentuk akhlakul karimah siswa SMPN 1 Bangsalsari Jember tahun pelajaran 2018/2019, yaitu dengan membacakan lagu Indonesia raya dan lagu nasional, serta mengadakan kegiatan ekstrakurikuler paskibraka dan pramuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:17
Last Modified: 06 Apr 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item