Pengaruh Laba Koto, Laba Operasi Dan Laba Bersih Terhadap Arus Kas Yang Akan Datang (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Hasanah, Ikrimatul (2023) Pengaruh Laba Koto, Laba Operasi Dan Laba Bersih Terhadap Arus Kas Yang Akan Datang (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IKRIMATUL HASANAH (E20193083) .pdf

Download (3MB)

Abstract

Ikrimatul Hasanah, 2023: Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi Dan Laba Bersih Terhadap Arus Kas Yang Akan Datang (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Kata Kunci: Laba dan Arus Kas

Arus kas dan laba merupakan salah satu komponen yang menjadi tolak ukur kinerja suatu perusahaan. Dimana arus kas didalamnya berisi aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas dan setara kas perusahaan. Laba adalah penghasilan yang diperoleh perusahaan dari aktivitas penjualan, dimana penjualan perusahaan ada penjualan kredit dan tunai. Sehingga jumlah laba akan mempengaruhi arus kas perusahaan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) apakah laba kotor berpengaruh terhadap arus kas yang akan datang pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021? 2) apakah laba operasi berpengaruh terhadap arus kas yang akan datang pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021? 3) apakah laba bersih berpengaruh terhadap arus kas yang akan datang pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021? 4) apakah laba kotor, laba operasi dan laba bersih berpengaruh terhadap arus kas yang akan datang pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh laba kotor, laba operasi dan laba bersih terhadap arus kas yang akan datang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Sumber data menggunakan data sekunder dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 21 perusahaan makanan dan minuman dalam periode 3 tahun sehingga diperoleh 63 jumlah observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan pengolahan data menggunakan E-views 12.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel laba kotor berpengaruh signifikan terhadap arus kas yang akan datang, variabel laba operasi berpengaruh signifikan terhadap arus kas yang akan datang, dan variabel laba operasi juga berpengaruh signifikan terhadap arus kas yang akan datang. Secara simultan laba kotor, laba operasi dan laba bersih berpengaruh terhadap arus kas yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Perpustakaan Ikrimatul Hasanah
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:01
Last Modified: 10 Apr 2023 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item View Item