Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas X di MA Darul Falah Cermee Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.

Munawwaro, Rovikotul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas X di MA Darul Falah Cermee Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Rovikotul Munawwaro NIM T20178033.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini semakin maju dan mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran, hal ini mengharuskan sekolah menyiapkan dan mengembangkan media pembelajaran. Biologi merupakan bidang studi yang sangat erat kaitannya dengan manusia dan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan mediapembelajaran diorama pada materi ekosistem untuk siswa kelas X di MA Darul Falah. 2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan pembelajaran diorama pada meteri ekosistem untuk siswa kelas X di MA Darul Falah. 3)Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran diorama pada materi ekosistem untuk siswa kelas X di MA Darul Falah.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development(R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: (1)Analyze; (2)Design;(3)Development;(4)Implementation;(5)Evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 MA Darul Falah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Diorama Ekosistem dinyatakan sangat layak digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 92,72% dan 94,54%, kevalidan oleh ahli media sebesar 97,5% dan 95%, dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 87,69%. (2) Hasil uji respon siswa terhadap diorama didapatkan nilai persentase sebesar 85,16 % untuk uji skala kecil dan 90,53% untuk uji skala besar dan masuk pada kategori“Sangat Menarik”. (3)Hasil uji nilai pretest dan postest menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan SPSS versi 26 diketahui bahwa terdapat perbedaan sebelumbdan sesudah menggunakan media pembelajaran diorama, hal ini dapat diketahui dari nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Maka disimpulkan bahwa“Hipotesis diterima”, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan postest. Karena terdapat perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa “ada pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama pada materi Ekosistem”.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Diorama, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Rovikotul Munawwaro
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:37
Last Modified: 10 Apr 2023 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22009

Actions (login required)

View Item View Item