Pandangan Hakim Terhadap Implementasi Pasal 66 UUPPLH Atas Strategic Legal Action Against Public Participation (SLAPP) Di Lingkungan Peradilan Negeri Jember Perspektif Hukum Administrasi Negara

Sariroh, ST. Pandangan Hakim Terhadap Implementasi Pasal 66 UUPPLH Atas Strategic Legal Action Against Public Participation (SLAPP) Di Lingkungan Peradilan Negeri Jember Perspektif Hukum Administrasi Negara. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN penelitian Afirmasi 2021 with cover.pdf

Download (865kB)

Abstract

Masalah lingkungan semakin beragam di semua wilayah dari skala kecil hingga skala besar yang serius. Pasal 66 Pelaporan atas dugaan pencemaran lingkungan hidup dilindungi oleh negara. Namun realita yang terjadi saat ini korban semakin parah, perampasan hak dan tidak ada perlindungan hukum oleh salah satu pihak dalam upaya hukum yang ditempuh. Peneliti akan mengkaji lebih dalam pandangan hakim sebagai penegak hukum terhadap keberadaan Pasal 66. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan metode deskriptif normatif, dengan memaparkan pandangan hakim terhadap implementasi Pasal 66 tentang Tindakan Hukum Strategis Terhadap Partisipasi Publik. Hasil kajian menunjukkan bahwa pandangan hakim masih sedikit laporan atau gugatan kasus lingkungan karena Jember belum menjadi kawasan industri skala besar. Secara hukum, pasal 66 merupakan bentuk perlindungan yang harus dilaksanakan dengan baik. Namun, harus hati-hati dan mengakomodasi semua nilai yang ada. Karena lembaga peradilan tidak dapat menolak setiap gugatan yang didaftarkan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: St. Sariroh
Date Deposited: 09 Apr 2023 21:00
Last Modified: 09 Apr 2023 21:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22021

Actions (login required)

View Item View Item