Fajar, Dinar Maftukh (2021) Mengajar IPA Menebar Hikmah. Mata Kata Inspirasi, Bantul. ISBN 978-623-5607-25-2
Text
Mengajar IPA Menebar Hikmah (Full) (split).pdf Download (6MB) |
Abstract
Buku ini diberi judul Mengajar IPA Menebar Hikmah, berpijak dari kisah “Abu Nawas Menipu Tuhan” yang disajikan pada bagian awal buku ini. Dalam kisah tersebut, Abu Nawas sebagai sosok guru yang arif mengenalkan kepada muridnya tentang tiga tingkatan manusia memandang alam semesta: tingkatan mata, tingkatan otak, dan tingkatan hati. Tingkatan hatilah yang menjadi pencapaian tertinggi
dalam pembelajaran sains. Maka untuk meraih tingkatan ini, penulis menyuguhkan 5 pendekatan berbeda yang memperluas kisah Abu Nawas tersebut dengan menghadirkan contoh-contoh pada materi IPA. Harapannya, materi IPA yang disajikan dapat mengandung pesan-pesan hikmah.
Banyak jalan dapat dilakukan untuk menggapai dan menebarkan
hikmah. Sains dan alam semesta hanyalah salah satunya. Sains yang penuh hikmah menjadi penuntun yang mendekatkan para pencarinya kepada Penciptanya, dan ia pun menjadi jalan meraih kebijaksanaan dalam kehidupan. Memang hikmah tidak serta merta datang kepada mereka yang menguasai ilmu pengetahuan, tetapi ilmu pengetahuan menjadi pintu gerbang yang memudahkan pencarinya meraih hikmah. Demikianlah ungkapan filsuf Whitehead yang ditulis sebagai pembuka buku ini.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Dinar Maftukh Fajar |
Date Deposited: | 09 Apr 2023 21:06 |
Last Modified: | 09 Apr 2023 21:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22061 |
Actions (login required)
View Item |