Implementasi Budaya Religius dalam Menumbuhkan Islam

Efendi, Ridwan (2020) Implementasi Budaya Religius dalam Menumbuhkan Islam. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ridwan Efendi_0849316026.pdf

Download (30MB)

Abstract

Implementasi Budaya Religius dalam Kata Kunci: Budaya Religius Hakitaknya pendidikan tidak hanya mementingkan intelektualitas semata, pendidikan harus mencakup dari selaga aspek baik dari sisi Intelligence Quotient (IQ) Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ). Hal ini menjadi kegelisahan masyarakat luas, khususnya pada sekolah umum. Masyarakat mempunyai stigma bahwa sekolah umum sangat minim sekali nuansa religiusnya. Disisilain banyak sekali fenomena yang meresahkan masyarakat dengan prilaku siswa yang sudah mulai bebas mengekspresiakan dirinya tanpa batas, tetapi disisi lain mengesampikan aspek moral dan spiritual keagamaan. Sehingga lahirnya tawuran antar pelajar, intoleransi dan diskriminasi yang sering menjadi pembahasan akhir-akhir ini. Dari persoalan tersebut, maka pendidikan agama Islam harus bisa menjawab dengan menerapkan pendidikan yang berbudaya religius di sekolah. Dari deskripsi singkat diatas, maka peneliti dapat merumuskan fokus dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana proses integralisasi budaya religius dalam menumbuhkan islam siswa di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo; 2) Bagaimana proses humanisasi budaya religius dalam menumbuhkan islam siswa di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo; 3) Bagaimana proses pragmatis budaya religius dalam menumbuhkan islam alamin siswa di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Mendeskripsikan proses integralisasi budaya religius dalam menumbuhkan islam siswa di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo; 2) Mendeskripsikan proses humanisasi budaya religius dalam menumbuhkan islam siswa di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo; 3) Mendeskripsikan proses pragmatis budaya religius dalam menumbuhkan islam siswa di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo. Tesis ini menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research), metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan uji keabsahan data atau validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini: Pertama, budaya religius dalam proses integralisasi pada PAI dalam menumbuhkan Islam di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo adalah pengembangan nilai keIslaman dari 18 karakter yang kemudian diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran. Selain itu pembacaan sholawat nariyah menjadi karakteristik sekolah ini yang dibaca pada setiap proses kegiatan di sekolah dengan tujuan mengharap syafaat kepada Nabi Muhammad SAW. Kedua, budaya religius dalam proses humanisasi pada PAI dalam menumbuhkan Islam di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo adalah penanaman nilai humanistik di dalam kelas dengan pengembangan materi seperti; Disini guru PAI menjelaskan bahwa berempati kepada sesama sangat penting, tanpa memandang suku, ras, agama ataupun golongan dari orang yang akan kita Islam . bantu. Begitu juga saling menghormati tidak memandang tua atau muda. Sedangkan penanaman nilai humanistik luar kelas, menciptakan budaya religius dalam segala aktifitas di lingkungan sekolah. Ketiga, budaya religius dalam proses pragmatis pada PAI dalam menumbuhkan Islam di SMP Negeri 1 Sumbermalang Situbondo adalah penanaman nilai kerohanian dengan cara mendekatkan hubungan manusia dengan Tuhannya melalui diwajibkannya shalat berjamaah dhuha dan dhuhur disekolah. Selain itu siswa juga dibiasakan untuk selalu peka terhadap gejala sosial, karena secara fundamental manusia mempunyai keterkaitan dan saling membutuhkan baik kepada sesama manusia ataupun lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:17
Last Modified: 07 Jun 2021 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item