Pengaruh profil risiko dan permodalan terhadap kinerja keuangan Bank Syariah : Studi pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode 2016-2021

Nuraini, Fani (2023) Pengaruh profil risiko dan permodalan terhadap kinerja keuangan Bank Syariah : Studi pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode 2016-2021. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_Fani Nur Aini_E20191161 03 April 2023.pdf

Download (52MB)

Abstract

Fani Nur Aini, 2023: Pengaruh Profil Risiko dan Permodalan Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di OJK Periode 2016-2021).

Kata kunci: risiko kredit (NPF); risiko likuiditas (FDR); risiko operasional (BOPO); permodalan (CAR); kinerja keuangan (ROA); bank syariah.

Kinerja perusahaan menjadi taruhan agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang dalam persaingan global. Hal ini tentu berdampak pada pengelolaan keuangan perusahaan, perusahaan dengan kinerja keuangan yang baik dinilai mampu menghadapi persaingan serta mampu untuk mengembangkan usahanya. Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 13/1/PBI/2011 tentang kesehatan dan kinerja perbankan dinilai menggunakan pendekatan risiko, diantaranya yaitu risiko kredit, risiko likuiditas dan risiko operasional. Selain itu, modal merupakan faktor yang amat penting bagi perkembangan dan kemajuan bank sekaligus menjaga kepercayaan masyarakat. Dengan permodalan yang baik, bank mampu menyalurkan dana yang ada ke sektor-sektor usaha lebih luas. Akibatnya, bank bisa mendapatkan laba yang banyak dari hasil usaha tersebut.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh antara risiko kredit pada kinerja keuangan Bank Syariah? (2) Apakah terdapat pengaruh antara risiko likuiditas pada kinerja keuangan Bank Syariah? (3) Apakah terdapat pengaruh antara risiko operasional pada kinerja keuangan Bank Syariah ? (4) Apakah terdapat pengaruh antara permodalan pada kinerja keuangan Bank Syariah ? (5) Apakah terdapat pengaruh antara risiko kredit, risiko likuiditas, risiko operasional dan permodalan pada kinerja keuangan Bank Syariah ?

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Memberikan paparan tentang pengaruh antara risiko kredit pada kinerja keuangan Bank Syariah. (2) Memberikan paparan tentang pengaruh antara risiko likuiditas pada kinerja keuangan Bank Syariah. (3) Memberikan paparan tentang pengaruh antara risiko operasional pada kinerja keuangan Bank Syariah. (4) Memberikan paparan tentang pengaruh antara permodalan pada kinerja keuangan Bank Syariah. (5) Memberikan paparan tentang pengaruh antara risiko kredit, risiko likuiditas, risiko operasional dan permodalan pada kinerja keuangan Bank Syariah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi atau korelasional, yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 26 untuk pengolahan data. Data yang dipakai yaitu data sekunder yang diperoleh dari website masing- masing bank umum syariah yang terdaftar di OJK periode 2016-2021. Data observasi yang digunakan sebanyak 48 data.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) NPF mempengaruhi ROA secara positif dan tidak signifikan. (2) FDR mempengaruhi ROA secara negatif dan tidak signifikan. (3) BOPO mempengaruhi ROA secara positif dan signifikan. (4) CAR mempengaruhi ROA secara positif dan signifikan. (5) Seluruh variabel bebas (NPF, FDR, BOPO dan CAR) mempengaruhi ROA secara bersamaan sebesar 49,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Fani Nur Aini
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:50
Last Modified: 10 Apr 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22073

Actions (login required)

View Item View Item