Implementasi Islamic Corporate Governance Dalam Mengelevasi Corporate Social Responsibility Pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang

Amelia, Nabilla Eva (2023) Implementasi Islamic Corporate Governance Dalam Mengelevasi Corporate Social Responsibility Pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nabilla Eva Amelia_E20193009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nabilla Eva Amelia, Nur Ika Mauliyah, 2022 : Implementasi Islamic Corporate Governance dalam Mengelevasi Corporate Social Responsibility pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah (UPS) Lumajang.
Pelaksanaan Corporate Social Responsibility merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perussahaan yang baik sebagai entitas bisnis yang bertanggungjawab kepada masyarakat dan lingkungan. Lembaga keuangan syariah wajib menerapkan tata kelola perusahaan yang baik berdasarkan prinsip islam atau Islamic Corporate Governance. Islamic Corporate Governance sangat penting diterapkan di lembaga keuangan syariah karena Corporate Social Responsibility saat ini banyak digunakan oleh perusahaan hanya untuk memperbaiki citra semata tanpa memperdulikan nilai-nilai keberkahan yang seharusnya tercapai.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan praktik Corporate Social Responsibility pada PT, Pegadaian UPS Lumajang, (2) Bagaimana ksesuaian pelaksanaan praktik Corporate Social Responsibility PT. Pegadaian UPS Lumajang dengan Islamic Corporate Governance, serta (3) Bagaimana dampak implementasi konsep Islam dalam mengelevasi Corporate Social Responsibility dalam kaitannya dengan Islamic Corporate Governance.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan praktik Corporate Social Responsibility pada PT, Pegadaian UPS Lumajang, (2) Untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan praktik Corporate Social Responsibility PT. Pegadaian UPS Lumajang dengan Islamic Corporate Governance, serta (3) Untuk mengetahui dampak implementasi konsep Islam dalam mengelevasi Corporate Social Responsibility dalam kaitannya dengan Islamic Corporate Governance.
Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah: Sharia Enterprise Theory, Islamic Corporate Governance, dan Corporate Social Responsibility. Teori utama dalam penelitian ini adalah Sharia Enterprise Theory yang menjelaskan bahwa perusahaan memiliki pertanggungjawaban kepada Allah SWT, manusia, dan alam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, internet searching, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik Corporate Social Responsibility pada PT. Pegadaian UPS Lumajang diklasifikasikan dalam 3 sektor, yaitu: Sektor pendidikan, sektor lingkungan, dan sektor ekonomi. Praktik Corporate Social Responsibility tersebut dilaksanakan oleh PT. Pegadaian UPS Lumajang sesuai dengan Islamic Corporate Governance yang sangat berdampak bagi keberlanjutan perusahaan.
Kata Kunci: PT. Pegadaian UPS Lumajang, Islamic Corporate Governance, Corporate Social Responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150114 Corporate Social Responsibility
Depositing User: Ms Nabila Eva Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:50
Last Modified: 11 Apr 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item