Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Bidang Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember.

Suhraeni, Suhraeni (2020) Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Bidang Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Suhraeni_S20163032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember merupakan sebuah dinas yang bertugas untuk mencatat keadaan kuantitas penduduk di Kabupaten Jember, serta melayani masyarakat dalam memperoleh Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara resmi. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik di bidang administrasi kependudukan pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember berdasarkan Asas-Asas Pelayanan Publik? (2) Apa saja faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember? (3) Apa saja faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember? Pada penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif Analisis dan Jenis penelitiannya menggunakan Kualitatif. Kemudian pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember belum mengupayakan semaksimal mungkin memberikan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas pelayanan publik yang ada di dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 diantaranya Asas Keprofesionalan, Asas Ketepatan waktu, dan Asas (2) faktor pendukung yang mempengaruhi suksesnya pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember yaitu: Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Pembiayaan, Sarana dan Prasarana yang memadai, Teknologi Informasi, dan Kebijakan Peraturan Perundang-undangan (3) faktor penghambat yang mempengaruhi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember yaitu: Faktor budaya (penggunaan calo dan pungutan ilegal), Faktor Kesadaran Masyarakat, dan Kurang responnya petugas kepada masyarakat. Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:51
Last Modified: 07 Jun 2021 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item