Peran Orang Tua Dalam Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan Terhadap Anak Di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember.

Holil, Achmad (2019) Peran Orang Tua Dalam Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan Terhadap Anak Di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Holil_082144019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesadaran terhadap pentingnya mengajarkan anak sholeh akan memotivasi setiap orang tua muslim untuk memperhatikan pembinaan dan tingkah laku anakanaknya agar menjadi pribadi yang mulia. Orang tua harus menanamkan nilainilai keagamaan bagi anak seperti akhlak, aqidah, kejujuran, tanggung jawab, percaya diri dan lain sebagainnya. Informan sebanyak delapan keluarga dipilih dengan menggunakan purposif sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, Kesadaradan studi pustaka.Untuk mecapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggambarkan pendekatan kualitatif. Fokus Penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana Peran Orang Tua Dalam Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan Terhadap Anak Di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumaberjambe Kabupaten Jember? 2) Bagaimanakah Tantangan yang di Hadapi Orang Tua Dalam Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan Terhadap Anak? Tujuan penelitian adalah:1) Untuk Mengatahui dan Mendiskripsikan Peran Orang Tua Dalam Proses Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan 2) Untuk Mengatahui Bagaimana Peran Orang Tua Dalam Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan Terhadap Anak Di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. 3) Untuk Mengatahui Tantangan Yang Dihadapi Orang Tua Dalam Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan Pada Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informannya menggunakan teknik purposive. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan deduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Untun pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengenalkan nilai-nilai Agama pada anak sangat diperlukan sebagai pembentukan kepribadian/watak anak serta sebagai pedoman agar dapat hidup secara positif sehingga dapat diterima dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat, serta dapat menjalankan perintah Allah dan menjauhi semua larangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:06
Last Modified: 10 Apr 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item