Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Rohman, Afifu (2019) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afifu Rohman_ 084 141 292.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman modern ini masih ada guru yang mengajar dengan menggunakan metodologi mengajar tradisional yang cenderung bersifat otoriter dan berpusat kepada guru. Perlu adanya paradigma baru yang menjadikan siswa sebagai pemeran aktif dalam mendiskusikan informasi dan jawaban berbagai masalah dalam diskusi, menciptakan diskusi yang aktif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model Pembelajaran Course Review Horay merupakan suatu cara untuk membuat variasi suasana pola diskusi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019? 2). Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019? 3). Bagaimana Evaluasi Model Pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur dan kajian dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada komponen RPP khususnya pada metode pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, tergambarkan bahwa guru PAI pernah menerapkan model pembelajaran Course Review Horay yaitu pada pertemuan pertama Materi Shalat Jamak dan Qasar. 2). Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat tahap-tahap penerapan model pembelajaran Course Review Horay dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jika terdapat kendala yang bersifat kondisional sehingga perlu sedikit modifikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. 3). Proses evaluasi menggunakan 3 penilaian, diantaranya; penilaian sikap berupa penilaian selama proses pembelajaran baik ketika berdiskusi maupun individu, penilaian pengetahuan berupa penilaian harian berupa tugas terstruktur dan ulangan harian berupa tes tulis dan penilaian keterampilan berupa portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:06
Last Modified: 10 Apr 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item View Item