Penggunan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Kurly, Anis (2019) Penggunan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anis Kurly_084 121 287.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan terdapat dua unsur yang sangat berpengaruh, yaitu guru dan siswa. Antara keduanya kedudukan seorang guru merupakan komponen yang paling dominan dalam keberhasilan siswa, untuk itu dalam proses belajar mengajar guru dituntut untuk terampil dalam penggunaan bahan ajar, hal tersebut harus dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran, dengan maksud suasana pembelajaran tercipta lebih nyaman, praktis dan kondusif. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana Aktivitas siswa Menggunakan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. (2) Bagaimana Aktivitas Guru menggunakan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ?(3) Bagaimana interaksi siswa dan guru dalam menggunakan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam Menggunakan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan Aktivitas guru dalam menggunakan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Mendeskripsikan interaksi siswa dan guru dalam menggunakan Bahan Ajar Modul Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan dalam menentukan subjeknya, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode atau cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu: 1.Aktivitas siswa mengunakan bahan ajar modul Mata Pelajaran Fiqih terlaksana dengan baik. Selain dapat meringankan beban guru, dengan modul siswa juga dapat belajar secara mandiri tanpa ada kehadiran pendidik. 2. Aktivitas guru dalam menggunakan modul yaitu tetap mendampingi belajar siswa, disamping itu pendidik juga memberikan evaluasi kepada siswa, bisa dalam bentuk tugas, praktik, hafalan, presentasi, serta bisa dalam bentuk ujian. 3.Interaksi siswa dan guru dalam menggunakan modul pada saat pembelajaran, siswa lebih senang mengerjakan soal-soal yang terdapat di modul, karena selain jelas pertanyaannya, juga sangat mudah dan cukup membantu siswa untuk menemukan jawabannya, sehingga untuk peserta didik sendiri tidak merasa kesulitan dengan soal-soal yang ada di modul fikih tersebut. Keaktifan peserta didik menggunakan bahan ajar modul cukup efektif dan dapat menggugah rasa semangat siswa untuk mencapai pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:07
Last Modified: 10 Apr 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22095

Actions (login required)

View Item View Item