Pelaksanaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Murtadho, Ar Al (2015) Pelaksanaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ar Al Murtadho_084 103 029.pdf

Download (599kB)

Abstract

Manajemen sumber daya manusiia ini merupakan suatu bentuk pengakuan akan pentingnya anggota organisasi (personel) sebagai sumber daya yang dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi. Pelaksanaan fungsi dan kegiatan- kegiatan organisasi untuk menjamin bahwa mereka dipergunakan secara efektif dan adil demi kepentingan organisasi, individu dan masyarakat. Sebagai suatu lembaga pendidikan formal, dalam pelaksanaan pendidikannya di sekolah sangat ditekankan adanya peningkatan mutu/kualitas sebagai jawaban terhadap kebutuhan dan dinamika masyarakat yang sedang berkembang, sehingga peningkatan mutu/kualitas sumber daya manusia dapat diwujudkan melalui pelaksanaan manajemen. Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana perencanaan SDM di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran dalam meningkatkan mutu pendidikan? 2) Bagaimana rekrutmen dan seleksi di Madrasah Ibtidaiyah Al- Husna Gambiran dalam meningkatkan mutu pendidikan? 3) Bagaimana pengembangan SDM di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran dalam meningkatkan mutu pendidikan? 4) Bagaimana penilaian kinerja di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran dalam meningkatkan mutu pendidikan?. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mengetahui perencanaan SDM dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran. 2) Untuk mengetahui rekrutmen dan seleksi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran. 3) Untuk mengetahui pengembangan SDM dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran. 4) Untuk mengetahui penilaian kinerja dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Gambiran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan antara lain: metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah 1) reduksi data. 2) penyajian data. 3) penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna mencantumkan perencanaan SDM dalam program tahunan yang dibuat oleh seluruh staf yang berkaitan dengan pengelolaan madrasah. 2) Rekrutmen dan seleksi yang dilakukan oleh MI Al-Husna berdasarkan rekomendasi dari guru yang sudah bekerja di madrasah sebelumnya. 3) Pengembangan SDM di MI Al- Husna dengan mengadakan pelatihan di dalam lingkungan madrasah dan di luar lingkungan madrasah. 4) Penilaian kinerja MI Al-Husna dilakukan secara langsung serta masukan dari para staf dan guru yang lain dan terjadi pada waktu tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:07
Last Modified: 10 Apr 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22096

Actions (login required)

View Item View Item